Torchitorio I dari Cagliari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Orzocorre Torchitorio I (juga dibaca Orzocco dan Torgodorio; wafat sekitar tahun 1089[1]) merupakan seorang Giudice Cagliari (rex Sardiniae de loco Call.) dari sekitar tahun 1058 sampai kematiannya. Pada masanya, tahta tersebut secara adat berganti di antara keluarga Torchitorio de Ugunale dan Salusio de Lacon. Jelas-jelas, Torchitorio adalah mantan.

Torchitorio adalah Giudice pada saat Monastisisme Barat diperkenalkan sebagai bagian dari reformasi Gregorian jabatan Paus. Cagliari, seperti giudicati lainnya, ditempatkan di bawah keuskupan dan otoritas Pisa. Torchitorio menjadi salah satu dari Giudice pertama Cagliari tentang siapapun dikenal. Ia banyak meningkatkan donasi ke gereja dan memberikan dukungan kepada para biarawan Monte Cassino yang tibe di pulau untuk memperbaharui ekonomi, teknologi dan religius. Meskipun ini, perhatiannya kepada gereja, satu-satunya kebijakan yang diturunkan kepada kita, telah menyebabkannya dicap sebagai "publik tak berguna" oleh beberapa sejarawan tertentu.[2] Ia diarahkan oleh Paus Gregory VII untuk memaksa klerus Uskup Agung dari Cagliari untuk mencukur jenggot mereka dan mengunjungi gereja-gereja mereka, yang diklaim oleh paus telah diabaikan.

Istrinya adalah Vera dan mereka berhasil memecahkan tradisi dan melewati guiduicato (kepemilikan) kepada putra sulung mereka Konstantinus. Vera hidup lebih lama darinya sampai tahun 1090. Keturunan mereka yang lainnya adalah Peter, Sergius, Orzocorre, Gonario, dan Torbeno. Semuanya meninggal di sekitar tahun 1125 kecuali yang terakhir, yang dengan singkat menyerap tahta kakandanya, dan yang terakhir di dengar kabarnya pada tanggal 13 Pebruari 1130.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Manno, 244 n702. Torchitorio was dead by 1092.
  2. ^ Nowé, 173.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Manno, Giuseppe. Storia di Sardegna. 2005.
  • Nowé, Laura Sannia. Dai "lumi" dalla patria Italiana: Cultura letteraria sarda. Mucchi Editore: Modena, 1996.
Didahului oleh:
Marianus I
Giudice Cagliari
c. 1058 – c. 1089
Diteruskan oleh:
Konstantinus I