Konstantinus I dari Cagliari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Konstantinus I[1] merupakan seorang Giudice Cagliari. Ia adalah putra Giudice Orzocco Torchitorio dan Giudicessa Vera. Di abad ke-11, tahta Cagliari secara tradisional diturunkan antara istana-istana Torchitorio de Ugunale dan Salusio de Lacon. Konstantinus mengambil nama Salusio II (de Lacon) pada saat suksesinya, dalam upaya untuk mempersatukan keluarga. Ia muncul di dalam piagam-piagam kontemporer seperti rex et iudex Caralitanus: "Raja dan Giudice Cagliari."

Pada tanggal 30 Juni 1089, Konstantinus mengkonfirmasikan bahwa biara Saint-Victor di Marseille memiliki biara-biara Sardinia San Giorgio di Decimo dan San Genesio di Uta. Konfirmasi seperti keistimewaan monastik sering diasosiasikan dengan aksesi pada saat itu dan ini kelihatannya untuk mengindikasikan bahwa Konstantinus baru menduduki tahta pada tahun 1089, memperbaiki tanggal suksesinya ke dalam atau tak lama sebelum tahun itu.

Uskup-uskup dan Giudice Cagliari telah mencapai otonomi tingkat tinggi dan isolasi pada abad sebelumnya aksesi Konstantinus dan ini mendorong tindakan paus, aksi sebuah sisi reformasi Gregorian. Konstantinus mulai mengeluarkan Cagliari dari isolasinya, perbankan pada Monastisisme Benediktin untuk mereformasi negaranya secara ekonomi, teknologi, dan menurut gereja Kristen. Sesuai dengan keinginan Paus, ia menaruh Cagliari dibawah otoritas Lambert, Uskup Agung dari Pisa. Konstantinus dengan rajin mendukung Gereja dan bersumpah untuk menjunjung tinggi haknya dan meninggalkan tindakan-tindakan nenek moyangnya: pergundikan, berzinah antar keluarga, dan membunuh.

Konstantinus menikahi Giorgia, kemungkinan dari keluarga Lacon. Ia memiliki seorang putri yang bernama Elena yang meninggal sebelum tahun 1089 dan putri lainnya yang bernama Vera yang hidup pada tahun 1124. Ia memiliki 4 orang putra, termasuk Marianus II, dan Orzocco (meninggal setelah tahun 1163), Itocorre (meninggal tahun 1112), dan Sergius (meninggal sekitar tahun 1141). Konstantinus terakhir kali muncul pada tahun 1090, namun seorang pewaris tidak muncul sampai tahun 1103. Pewarisnya adalah saudaranya Torbeno, yang mungkin telah berhubungan dengannya sebelumnya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Also Costantino, Gosantine, Goantine, or Gantine.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Ghisalberti, Aldo (ed). Dizionario Biografico degli Italiani: XXX Cosattini – Crispolto. Rome, 1984.
  • Prima Carta Cagliaritana.
Didahului oleh:
Arzone
Giudice Cagliari
Tahun 1089 – Tahun 1102
Diteruskan oleh:
Torbeno