Torchitorio IV dari Cagliari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Barisone II Torchitorio IV de Serra[1] (tahun 1190 – setelah 20 April 1217) merupakan seorang Giudice Arborea dan Cagliari.

Ia adalah putra Peter I dan Bina. Ayahnya adalah Giudice dari setengah Arborea dari tahun 1195 sampai kematiannya pada tahun 1214 bersama dengan Hugh I. Ketika Hugh wafat pada tahun 1211, Barisone menuntut porsinya di giudicato, dan menuntut seluruh bagian atas kematian ayahnya tiga tahun kemudian. Ia menikahi Benedetta, pewaris William I dari Cagliari, dan menggantikannya di atas tahta.

William menahan Peter I dipenjara dan atas upayanya untuk mensahkan kendalinya atas setengah Arborea, ia menikahkan putrinya dengan pewaris Peter pada tahun 1214.[2] Torchitorio dan Benedetta terkait di dalam derajat terlarang, akan tetapi Paus Innocent III memberikan dispensasi kepada mereka untuk menikah. Mereka akhirnya memberikan penghormatan kepada paus pada tanggal 18 Nopember 1215, kemungkinan untuk menghindari dominasi dari Republik dan Uskup Agung dari Pisa.

Torchitorio wafat pada tahun 1217 dan meninggalkan seorang putra yang berusia satu bulan, William II, yang menjadi pewarisnya di Cagliari, ketika putra Hugh Peter II mempertahankan dirinya sendiri di seluruh Arborea.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ He is also sometimes referred to as Barisone III of Arborea or Barisone II of Cagliari. His name can be spelled Barison or Barusone. Torchitorio also appears as Torcotore, Torgodorio, or Dorgodorio.
  2. ^ Moore, 84 n18.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Peter I
Giudice Arborea
1214–1217
Diteruskan oleh:
Peter II
Didahului oleh:
William I
Giudice Cagliari
1214–1217
Diteruskan oleh:
William II