Ugone I dari Arborea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Hugh I dari Arborea)
Giudice Sardinia.

Ugone I (1178–1211) merupakan putra Ispella di Serra dan Ugone I dari Bas. Ia adalah cucu laki-laki -lewat ibunya- Barisone II dari Arborea. Ia kerap dikenal sebagai Ugone de Bas di dalam bahasa Italia, Bas menjadi denominasi umum untuk Vicomte Besalú.

Ia menjadi seorang Giudicato di Arborea pada tahun 1185 di bawah perwalian Ramon de Torroja, suami Gaia, saudara perempuan Agalbursa. Agalbursa adalah janda Barisone II, dan bibi dari pihak ayahanda dari Ugone sendiri. Pada tahun 1192, sebuah kompromi disepakati di Oristano dimana Pietro di Serra, putra sulung Barisone dengan istri pertamanya Pellegrina di Lacon, diakui sebagai wakil-Giudicato.

Pada tahun 1195, Guglielmo I dari Cagliari menyerang Arborea, memenjarakan Pietro dan mengepung Oristano, memaksa Ugone untuk menandatangani sebuah perjanjian untuk menyerahkan wilayah-wilayahnya dan memerintahkannya untuk menikahi Preziosa, putri Guglielmo dan seorang kerabat istana Pietro. Pernikahan tersebut dilangsungkan pada tahun 1206.

Ugone lalu menyebut dirinya sendiri "Raja Sardinia" seperti yang telah dilakukan oleh kakeknya. Meskipun Bas telah ditinggalkan, pertama-tama kepada Poncho III dan kemudian kepada putranya Pietro III, pada tahun 1198, hal tersebut telah direklamasi dan Pietro secara finansial telah dikompensasi atas kehilangannya. Ketika Ugone akhirnya kembali ke Arborea, ia meninggalkan putra dari bekas perwaliannya, Ugone III dari Torroja, sebagai wali raja di Besalú. Kedua Ugone tersebut meninggal pada tahun 1211, keregenan digantikan oleh saudara perempuannya Eldiarda, istri Ramon de Palau, dan kedudukan raja digantikan oleh putranya Pietro II.

Didahului oleh:
Barisone II
Giudice Arborea
1185–1221
Diteruskan oleh:
Pietro II