Toran Waibro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Toran Waibro
Lahir13 April 2002 (umur 22)
Merauke, Papua (sekarang Papua Selatan), Indonesia
PekerjaanAktor
Tahun aktif2019—sekarang
Dikenal atasDoReMi & You (2019)

Toran Waibro (lahir 13 April 2002) adalah seorang aktor Indonesia. Ia memulai debut di dunia seni peran dengan berperan sebagai Markus dalam film DoReMi & You pada tahun 2019.

Karier[sunting | sunting sumber]

Awalnya Toran dikenal lewat videonya saat menyanyikan potongan lagu "Jangan" dari Marion Jola. Ia kerap mengkover lagu dan diunggah ke akun Instagram-nya.[1]

Toran bermain dalam film perdananya, DoReMi & You pada 2019 dengan berperan sebagai Markus. Ia ditemukan oleh tim produksi secara unik melalui tagar #Papuasinger di Instagram. Tim produksi melakukan hal tersebut setelah tak kunjung mendapatkan aktor untuk berperan sebagai Markus, meski telah mengunjungi sekolah-sekolah menyanyi. Melalui tagar tersebut, muncul video Toran yang sedang mengkover lagu "Jangan" tadi, sehingga tim produksi tertarik dan menghubungi Toran melalui pesan langsung di Instagram. Tawaran tersebut membuat Toran ragu karena ia hanya dihubungi melalui Instagram, hingga tim mengirim gambar pemain lain yang sedang melakukan workshop. Ia kemudian datang untuk melakukan penyeleksian pemeran dan dinyatakan lolos untuk berperan dalam film DoReMi & You.[2]

Toran kembali membintangi film dengan berperan sebagai Dani dalam film Anak Garuda. Ia juga membintangi film Just Mom arahan Jeihan Angga sebagai Jalu.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2019 DoReMi & You Markus Karya debut
2020 Anak Garuda Dani
2022 Just Mom Jalu
2023 13 Bom di Jakarta Asisten Karin

Film pendek[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan
2020 Kita Keluarga Markus

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Singel[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Toran Waibro Audisi yang Mencekam". Media Indonesia. 26 Juni 2019. Diakses tanggal 23 November 2021. 
  2. ^ Sari, Rintan Puspita (26 Januari 2020). Setuningsih, Novianti, ed. "Dapat Tawaran Casting lewat Instagram, Toran Waibro Sempat Was-was". Kompas.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 Februari 2020. Diakses tanggal 23 November 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]