Tomat hijau goreng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tomat hijau goreng adalah lauk yang biasanya ditemukan di Amerika Serikat Selatan yang terbuat dari tomat mentah (hijau) dilapisi dengan tepung jagung dan goreng.[1]

Persiapan tradisional[sunting | sunting sumber]

Persiapan tradisional tomat hijau goreng dimulai dengan memotong tomat seukuran kira-kira irisan 0,6 cm. Kemudian tomat dibumbui dengan garam dan merica, dilapisi dengan tepung jagung polos, dan digoreng dangkal dalam lemak daging selama beberapa menit di setiap sisinya, atau sampai coklat keemasan. Menggoreng dangkal menjadi pilihan yang baik karena tomat tidak mengapung dalam minyak yang memungkinkan berat tomat dapat menekan tepung jagung ke bawah sisi tomat.

Alternatifnya dengan menggunakan tepung roti atau tepung sebagai pengganti tepung jagung, dan digoreng dalam minyak nabati atau lemak.

Jenis Pennsylvania Dutch[sunting | sunting sumber]

Tomat hijau goreng biasanya dianggap hidangan selatan yang juga dapat ditemukan di bagian utara Amerika. Jenis hidangan di utara mungkin dibuat dengan tepung putih daripada tepung jagung.[2] Selain itu, tomat hijau cenderung disiapkan di akhir musim di bagian utara Amerika ketika sisa buah dipanen sebelum salju pertama, sedangkan tomat hijau dipetik sepanjang musim di bagian selatan.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Flay, Bobby. "Food Network: Bobby Flay Fried Green Tomato BLT throwdown". Food Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-01-21. Diakses tanggal 2017-11-27. 
  2. ^ "Fried Green Tomatoes (Pennsylvania Dutch Version)" Diarsipkan 2019-01-20 di Wayback Machine., Teri's Kitchen, Retrieved on 2011-11-16.
  3. ^ Chalew, Gail Naron. "Fried Green Tomatoes: A Taste of Old New Orleans", NPR, Retrieved on 2011-11-16.