Tokyo Olympiad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tokyo Olympiad
SutradaraKon Ichikawa
ProduserSuketaro Taguchi[1]
Skenario
NaratorIchiro Mikuni[1]
Penata musikToshiro Mayuzumi[1]
Sinematografer
PenyuntingYoshio Ebara[1]
Perusahaan
produksi
Komite Penyelenggara Olimpiade XVIII[1]
DistributorToho
Tanggal rilis
  • 20 Maret 1965 (1965-03-20) (Japan)
Durasi169 menit
NegaraJepang
BahasaJepang
Pendapatan
kotor
¥1,22 juta (Japan rentals)
24.5 juta tiket (Jepang/Prancis)

Tokyo Olympiad, juga dikenal di Jepang sebagai Tōky Olympic (東京オリンピック, Tōkyō Orinpikku, lit. "Tokyo Olympics"), adalah 1965 Jepang film dokumenter disutradarai oleh Kon Ichikawa yang mendokumentasikan Olimpiade Musim Panas 1964 di Tokyo. Seperti Leni Riefenstahl Olympia, yang mendokumentasikan Olimpiade Musim Panas 1936 di Berlin, film Ichikawa dianggap sebagai tonggak sinematografi dalam pembuatan film dokumenter. Namun, "Olimpiade Tokyo" tetap lebih fokus pada suasana pertandingan dan sisi manusiawi para atlet daripada berkonsentrasi pada kemenangan dan hasil. Ini adalah salah satu dari sedikit film dokumenter olahraga yang termasuk dalam buku 1001 Film yang Harus Anda Lihat Sebelum Anda Mati.

Riwayat produksi[sunting | sunting sumber]

Olimpiade Musim Panas 1964 dipandang sangat penting bagi pemerintah Jepang. Sebagian besar infrastruktur Jepang telah hancur selama Perang Dunia II dan Olimpiade dipandang sebagai kesempatan untuk memperkenalkan kembali Jepang kepada dunia dan memamerkan jalan dan industri barunya yang dimodernisasi serta perkembangannya ekonomi. Setiap Olimpiade sejak pertandingan modern pertama di Olimpiade Musim Panas 1896 telah berkomitmen untuk film sampai batas tertentu, biasanya dibiayai oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk alasan keturunan. Untuk Olimpiade 1964, pemerintah Jepang memutuskan untuk membiayai film mereka sendiri dan pada awalnya mempekerjakan Akira Kurosawa yang, pada saat itu, adalah sutradara Jepang paling terkenal di seluruh dunia berkat film-film seperti Ikiru dan Tujuh Samurai. Namun, kecenderungan Kurosawa yang terkenal untuk kontrol penuh - ia menuntut untuk tidak hanya mengarahkan film tetapi juga upacara pembukaan dan penutupan - menyebabkan pemecatannya. Hal ini menyebabkan masuknya Ichikawa, yang memiliki reputasi datang ke produksi di mana acara tidak mengikuti rencana awal.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Visi Ichikawa tentang Olimpiade Tokyo kontroversial pada saat itu karena bertentangan dengan apa yang diinginkan dan diharapkan pemerintah Jepang dari film tersebut. Ichikawa menyajikan sebuah film yang lebih merupakan rekaman sinematik dan artistik dari peristiwa tersebut, lebih mementingkan atlet dan penonton, daripada rekaman jurnalistik dan sejarah yang diharapkan oleh para penyandang dananya. Akibatnya, Komite Olimpiade Jepang memaksa Ichikawa untuk mengedit ulang gambar agar lebih sesuai dengan kebutuhan mereka, dengan versi final yang diedit ulang, mencatat waktu 93 menit daripada aslinya 165 menit.

Lepaskan[sunting | sunting sumber]

Tokyo Olympiad dirilis secara teatrikal di Jepang pada 20 Maret 1965 di mana ia didistribusikan oleh Toho.[1] Ini memiliki runtime asli 165 menit dan termasuk sebuah waktu istirahat.[1]

Film ini dirilis di Amerika Serikat pada 20 Oktober 1965, dalam format yang diedit dengan runtime 93 menit, oleh Pan-World Film Exchange dan Jack Douglas Enterprises, dan dengan narasi bahasa Inggris tambahan.[1][1] Film ini kemudian diterbitkan kembali pada tahun 1984 oleh Janus Films dan Night Kitchen, Inc. dengan teks bahasa Inggris pada aslinya 165 menit waktu proses.[1]

Potongan film berdurasi 125 menit dengan narasi bahasa Inggris tersedia untuk ditonton di Youtube melalui saluran resmi Olimpiade. Ini berjudul "Film Lengkap Olimpiade Tokyo 1964" meskipun versi ini hampir 45 menit lebih pendek dari rilis aslinya.

Mulai tahun 2020, versi rilis Jepang asli yang dipulihkan, lengkap, dan tidak diedit tersedia untuk dilihat di situs web Olympic Channel sendiri.[2]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film ini awalnya memiliki pendapatan sewa distributor sebesar ¥1,223,210,000 di bioskop Jepang, di mana film tersebut menarik 7,5 juta penonton. Kemudian diputar di sekolah-sekolah dan aula umum, menarik lebih 16 juta penerimaan. Dengan demikian, total box office menjadi 23,5 juta penerimaan, memecahkan rekor untuk film berpenghasilan tertinggi di Jepang dalam hal penerimaan box office .[3] Rekornya kemudian disamai oleh Hayao Miyazaki film anime film Spirited Away (2001).[4]

Di Prancis, film tersebut berhasil menjual 993.555 tiket di box office,[5] menjadikan total penerimaan box office menjadi 24.493.555 tiket dijual di Jepang dan Prancis.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapat penghargaan kritis yang sangat tinggi dan dilihat, bersama Leni Riefenstahl'' Olympia, sebagai salah satu film terbaik tentang Olimpiade dan, memang , sebagai salah satu film dokumenter olahraga terbaik sepanjang masa. Fokusnya pada kemanusiaan atlet dan penonton, menunjukkan upaya fisik, kegembiraan, kegembiraan kemenangan dan kekecewaan kekalahan, bukan sekadar rekaman hasil, dipandang sangat orisinal, dan penggunaan lensa zoom dan set close-up. standar baru untuk pembuatan film olahraga. Berdasarkan 11 ulasan yang dikumpulkan oleh agregator ulasan film Rotten Tomatoes, 100% kritikus memberikan ulasan positif untuk film tersebut.[6] Ichikawa diakui oleh IOC dengan penghargaan Olympic Diploma of Kemampuan.

Ketersediaan Komersial[sunting | sunting sumber]

Album ini dirilis di Amerika Utara dalam bentuk DVD melalui The Criterion Collection pada tahun 2002 tetapi dibuat out of print pada tahun 2007. Itu akan muncul di eBay secara teratur tetapi seringkali dengan harga sekitar $70. Di Inggris, dirilis melalui Tartan Video tetapi juga tidak dicetak lagi.

Pada tahun 2004, dirilis dalam bentuk DVD di Jepang melalui Toho. Selain versi teatrikal 170 menit, ada "40th Anniversary Edition" berdurasi 148 menit, yang juga dianggap sebagai film sutradara. Ini belum tersedia di luar Jepang.

Pada tahun 2013, saluran resmi Olimpiade YouTube membuat versi edit 125 menit dengan narasi bahasa Inggris yang tersedia di internet.[7]

Pada bulan Desember 2017, The Criterion Collection diterbitkan dalam bentuk Blu-ray dan DVD, di bawah lisensi eksklusif dari IOC, 100 Years of Olympic Films: 1912-2012, yang mencakup Tokyo Olympiad. Film dokumenter Ichikawa kemudian menerima rilis mandiri baru.

Pada tahun 2019, situs web resmi Olympic Channel sendiri membuat salinan lengkap rilis asli yang dipulihkan secara digital dan belum diedit yang tersedia di internet.[8]

Film resmi Olimpiade lainnya[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Olimpiade Musim Panas 1964

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j k l Galbraith IV 2008, hlm. 218.
  2. ^ "Film Resmi Tokyo 1964 | Olimpiade Tokyo". Olympics.com. Diakses tanggal 2021-07- 22. 
  3. ^ "特集・日本の記録". ギネスブック'84. Guinness. Kodansha. 1984. hlm. 452. 
  4. ^ !「千と千尋の神隠し」 , Toho, 2001-11-7(Arsip Internet
  5. ^ "Tōkyō Orinpikku (1965)". JP's Box-Office (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 2022-03-24. 
  6. ^ "Tokyo Olympiad (1965)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 10 September 2009. 
  7. ^ "Film Lengkap Olimpiade Tokyo 1964". Diakses tanggal 27 Oktober 2015. 
  8. ^ "Film Resmi Tokyo 1964".  [pranala nonaktif permanen]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Galbraith IV, Stuart (2008). Kisah Toho Studios: Sejarah dan Filmografi Lengkap. Scarecrow Press. ISBN 978-1461673743. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Penghargaan BAFTA untuk Film Dokumenter Terbaik