Toki o Kakeru Shōjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Toki o Kakeru Shōjo (時をかける少女) adalah sebuah novel bahasa Jepang karya Yasutaka Tsutsui yang diterbitkan pada tahun 1967. Novel ini bercerita tentang gadis bernama Kazuko Yoshiyama yang secara tidak sengaja memperoleh kemampuan untuk melakukan perjalanan waktu. Novel ini telah diadaptasikan beberapa kali, termasuk sebagai seri televisi (1972), film layar lebar (1983), dan anime layar lebar (2006).

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kazuko Yoshiyama adalah seorang pelajar SMP 3. Saat membersihkan ruang IPA sekolah dengan teman-temannya, Kazuo dan Goro, ia menghirup bau yang mirip dengan wangi bunga lavender dan pingsan. Tiga hari kemudian, peristiwa-peristiwa aneh mulai terjadi di sekitar Kazuko. Rumah Goro terbakar akibat gempa bumi pada malam sebelumnya. Tepat saat terjadi kecelakaan mobil pada pagi berikutnya, Kazuko terbawa ke pagi di hari sebelumnya.

Ia mengulang hari yang sama dan menceritakan hal ini kepada Kazuo dan Goro. Awalnya kedua teman Kazuko tidak mempercayainya, namun mereka kemudian percaya setelah Kazuko dengan tepat menebak gempa bumi dan kebakaran tersebut. Fukushima-sensei, guru IPA mereka, menjelaskan bahwa kemampuan Kazuko disebut "teleportasi" dan Kazuko mesti kembali ke empat hari sebelumnya untuk mengetahui penyebab kemampuannya itu.

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Telah ada beberapa adaptasi novel ini:

  • 1972 - film pertama dalam "Seri Drama Remaja" yang disiarkan NHK, berjudul Time Traveller, didasarkan pada novel ini
  • 1983 - film layar lebar; dibintangi Tomoyo Harada dan disutradari Nobuhiko Ōbayashi
  • 1985 - drama di Fuji TV
  • 1994 - drama di Fuji TV
  • 2006 - film animasi; disutradarai Mamoru Hosoda dan diproduksi studio animasi Madhouse

Selain itu, ada pula adaptasi dalam bentuk manga.