Tiras (serat)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tampilan jarak dekat dari Tiras pengering.
Tiras saku.

Tiras adalah nama umum untuk akumulasi serat tekstil, rambut, dan bahan lainnya yang terlihat, biasanya ditemukan pada dan di sekitar pakaian . Bahan tertentu yang digunakan dalam pembuatan pakaian, seperti katun, linen, dan wol, mengandung banyak serat sangat pendek yang diikat menjadi satu. [1] Selama pemakaian normal, serat-serat ini dapat terlepas atau terdorong keluar dari tenunan yang menjadi bagiannya. Inilah alasan mengapa barang-barang yang sering digunakan seperti kemeja dan handuk menjadi tipis seiring berjalannya waktu dan mengapa partikel-partikel tersebut menumpuk di layar tiras pengering pakaian . [1]

Karena rasio luas permukaan dan beratnya yang tinggi, kemelekatan statis menyebabkan serat-serat yang terlepas dari pakaian terus menempel satu sama lain dan pada benda tersebut atau permukaan lain yang bersentuhan dengannya. Serat atau partikel kecil lainnya juga terakumulasi bersama serat pakaian ini, termasuk sel rambut dan kulit manusia dan hewan, serat tumbuhan, serta serbuk sari, debu, dan mikroorganisme .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Welker, R. W.; Nagarajan, Ramamurthy; Newberg, Carl E. (2006). Contamination and ESD Control in High-Technology Manufacturing. hlm. 415–16.