Tinitus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tinnitus
Klasifikasi dan rujukan eksternal
ICD-10 H93.1
ICD-9 388.3
DiseasesDB 27662
MedlinePlus 003043
eMedicine ent/235 
MeSH D014012

Tinitus adalah telinga berdering, berdesir, atau jenis suara yang tampaknya berasal di telinga atau kepala. Dalam banyak kasus itu bukan masalah serius, melainkan gangguan yang akhirnya menghilang. Namun jarang, tinnitus dapat mewakili kondisi kesehatan yang serius.

Ini bukan penyakit tunggal, tetapi merupakan gejala dari kondisi yang mendasarinya. Hampir 36 juta orang Amerika menderita gangguan ini. Dalam hampir semua kasus, hanya pasien yang bisa mendengar kebisingan.[1]

Etiologi[sunting | sunting sumber]

Penyebab fisiologis tepat atau penyebab tinnitus tidak diketahui. Namun demikian, beberapa kemungkinan sumber-sumber, yang semuanya diketahui memicu atau memperburuk tinnitus.

  1. Kebisingan paparan
    Paparan suara keras dapat merusak dan bahkan menghancurkan sel-sel rambut, yang disebut silia, di telinga dalam. Sekali rusak, sel-sel rambut tidak dapat diperbaharui atau diganti.
  2. Trauma kepala dan leher
    Trauma fisik pada kepala dan leher dapat menyebabkan tinnitus. Gejala lain termasuk sakit kepala, vertigo, dan kehilangan memori.
  3. Gangguan tertentu, seperti hipo-atau hipertiroidisme, penyakit Lyme, fibromyalgia, dan sindrom outlet toraks, dapat memiliki tinnitus sebagai sebuah gejala. Ketika tinnitus adalah gejala dari gangguan lain, mengobati gangguan dapat membantu meringankan tinnitus.
  4. Beberapa jenis tumor
  5. Penyakit kardiovaskular
  6. Ototoxicity
    Beberapa obat yang ototoxic, yaitu obat adalah toksik bagi telinga. Beberapa obat akan menghasilkan tinnitus sebagai efek samping tanpa merusak telinga bagian dalam. Efek, yang dapat tergantung pada dosis obat, bisa sementara atau permanen. Sebelum mengambil obat apa pun, pastikan bahwa dokter Anda menyadari tinnitus Anda, dan mendiskusikan obat alternatif yang mungkin tersedia. Ada beberapa website yang memberikan informasi tentang interaksi obat. Dua sumber populer untuk hal ini adalah Drugwatch.com dan situs Desktop Dokter Referensi.
  7. Tinnitus berdenyut
    Jenis tinnitus langka yang terdengar seperti berdenyut berirama di telinga, biasanya satu waktu dengan detak jantung seseorang. Jenis tinnitus dapat disebabkan oleh aliran darah abnormal pada arteri atau vena dekat dengan telinga dalam, tumor dalam otak atau penyimpangan dalam struktur otak.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ www.medicinet.com, Tinnitus (Ringing in the Ears and Other Ear Noise). Diakses pada 13 Agustus 2012.
  2. ^ American Tinnitus Association, Tinnitus. Diakses pada 13 Agustus 2012.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Tinnitus