Tingkat Lanjutan GCE di Sri Lanka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sri Lanka Advanced Level ( A-level ) adalah ujian kualifikasi General Certificate of Education (GCE) di Sri Lanka , mirip dengan British Advanced Level , yang dilakukan setiap tahun oleh Departemen Ujian Kementerian Pendidikan. Biasanya diambil oleh siswa selama dua tahun terakhir opsional tingkat perguruan tinggi (kelas 12 dan 13 (biasanya usia 18-19) atau kandidat eksternal (non-sekolah), setelah mereka menyelesaikan Tingkat Biasa GCE ujian. Mayoritas kandidat mengikuti ujian melalui sekolah masing-masing, sementara kandidat yang telah menyelesaikan pendidikan sekolah juga dapat mendaftar sebagai pelamar swasta. Kualifikasi juga berfungsi sebagai persyaratan masuk untuk universitas negeri Sri Lanka. Ujian diadakan dalam tiga media: Sinhala, Tamil dan Inggris.

Bidang Studi[sunting | sunting sumber]

Para kandidat diharapkan untuk belajar selama 2 tahun di tingkat perguruan tinggi sebelum mengikuti ujian. Ujian ini mendiversifikasi lebih dari 5 bidang studi utama,

  1. Aliran Ilmu Fisika (Matematika Gabungan, Fisika dan Kimia atau Teknologi Informasi atau Matematika Tinggi)
  2. Aliran Ilmu Biologi (Biologi, Fisika atau Ilmu Pertanian dan Kimia)
  3. Aliran perdagangan
  4. Aliran seni
  5. Aliran Teknologi (Mata pelajaran meliputi Teknologi Rekayasa , Teknologi Biosistem, Sains Teknologi dan mata pelajaran kategori)

Di setiap aliran, kandidat diharapkan menghadapi 3 mata pelajaran yang terkait dengan aliran tertentu. Selain itu, akan ada tes Bahasa Inggris Umum dan tes Umum Umum. Meskipun hasil tes Bahasa Inggris Umum tidak diperhitungkan dalam kriteria seleksi Masuk Universitas, para kandidat diharapkan memperoleh nilai kelulusan untuk tes Umum Umum.

Prosedur Ujian[sunting | sunting sumber]

Ujian dilakukan setiap tahun pada bulan Agustus, di sekolah-sekolah nasional terpilih di seluruh negeri. Pengawas dan pengawas ditunjuk oleh Departemen Ujian dan mereka biasanya adalah guru yang memenuhi syarat dari sistem sekolah setempat. Kandidat diperbolehkan mengikuti ujian 3 kali untuk memenuhi syarat masuk universitas negeri, yaitu kandidat harus memenuhi persyaratan minimum untuk masuk universitas dalam waktu 3 kali percobaan agar dapat diterima di universitas. Penilaian tes dilakukan dengan panel penilaian yang biasanya terdiri dari guru sekolah yang berkualitas dan berpengalaman dalam dinas, yang dibimbing oleh pengawas (biasanya dosen universitas). Dibutuhkan sekitar 4-5 bulan untuk hasil akhir ujian seluruh pulau dirilis dan kandidat harus menunggu lebih lama sekitar satu tahun untuk masuk ke universitas lokal.

Aliran Fisika[sunting | sunting sumber]

Aliran Ilmu Fisika juga dikenal sebagai aliran Matematika. Aliran ilmu fisika memiliki empat mata pelajaran utama: Gabungan Matematika, Fisika , Kimia , dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Di bawah silabus baru-baru ini, kandidat dapat memilih antara Kimia atau TIK, meskipun Matematika dan Fisika Gabungan adalah wajib. Matematika Gabungan merupakan gabungan dari Matematika Murni dan Matematika Terapan. Sebelumnya, para kandidat harus mengikuti dua mata pelajaran ini secara terpisah; dengan memperkenalkan silabus Matematika Gabungan, dua mata pelajaran yang terpisah ditambahkan dan dirancang ulang.

Kurikulum juga terdiri dari eksperimen praktis yang diharapkan siswa untuk berpartisipasi di laboratorium sekolah.

Aliran Perdagangan[sunting | sunting sumber]

Aliran Ilmu Biologi terdiri dari empat mata pelajaran yaitu Biologi , Kimia , Fisika dan Ilmu Pertanian . Kandidat memiliki pilihan untuk memilih fisika atau ilmu pertanian, sedangkan biologi dan kimia adalah wajib.

Aliran Perdagangan[sunting | sunting sumber]

Aliran Ilmu Perdagangan memiliki tiga mata pelajaran utama. Mereka adalah Akuntansi, Studi Bisnis dan Ekonomi. Kandidat memiliki pilihan untuk memilih Studi Bisnis atau Statistik Bisnis dan Ekonomi atau Teknologi Informasi (TI)

Aliran Teknologi[sunting | sunting sumber]

Aliran teknologi diperkenalkan pada tahun 2013.[1] aliran ini berisi tiga kategori mata pelajaran; Kandidat A, B dan C. dapat memilih EnTechnology sebagai mata pelajaran kategori B, dan Teknologi komunikasi informasi, atau mata pelajaran lainnya dari kelompok mata pelajaran kategori C. Sains untuk Teknologi (Kategori B) adalah mata kuliah wajib bagi kandidat Teknik dan Biosistem. Karena aliran ini relatif baru, jumlah sekolah yang memiliki fasilitas untuk mengajar aliran ini terbatas atau tidak ada di beberapa daerah bagi mereka yang ingin mempelajari mata pelajaran tersebut.

Kritik[sunting | sunting sumber]

Telah dicatat bahwa dalam beberapa tahun terakhir ujian telah menjadi sangat kompetitif dan bahkan traumatis bagi sebagian besar siswa sekolah menengah di Sri Lanka. Untuk tahun akademik 2013, dari 55.241 kandidat yang mendaftar untuk masuk universitas, hanya 43,8% yang bisa mendapatkan akses ke universitas negeri melalui University Grants Commission (UGC), meskipun memenuhi persyaratan minimum untuk masuk.[2] Menurut sebuah studi tahun 2010 oleh Psikiatri Anak dan Remaja dan Kesehatan Mental , gejala kecemasan dan depresilebih umum di antara siswa di kelas Tingkat Lanjutan GCE dibandingkan dengan nilai lainnya. Siswa di kelas 13 memiliki skor depresi dan kecemasan tertinggi kedua, dengan masalah terkait ujian menjadi masalah yang paling sering dikutip. Dari 445 siswa yang dinilai, 22,9% siswa kelas 12 dan 28,6% siswa kelas 13 dilaporkan mengalami depresi berat , sedangkan 28,6% siswa kelas 12 dan 32,1% siswa kelas 13 mengalami kecemasan berat.[3] Karena sifat ujian yang mengintimidasi , tekanan keluarga, dan stigma sosial akibat hasil ujian, sebagian besar siswa cenderung mengalami depresi berat jika mereka gagal mencapai hasil yang diinginkan. Beberapa kasus bunuh diri telah dikaitkan dengan ujian.[4][5][6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""Technology" is introduced as a new stream into the Advanced Level subject streams". Ministry of Education, Sri Lanka. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-27. Diakses tanggal 27 December 2017. 
  2. ^ "Academic Year 2013/2014" (PDF). University Grants Commission - Sri Lanka. Diakses tanggal 20 July 2015. 
  3. ^ Rodrigo, Chaturaka; Welgama, Srina; Gurusinghe, Jayantha; Wijeratne, Thilina; Jayananda, Gamini; Rajapakse, Senaka (2010). "Symptoms of anxiety and depression in adolescent students; a perspective from Sri Lanka". Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health. 4: 10. doi:10.1186/1753-2000-4-10. PMC 2855518alt=Dapat diakses gratis. PMID 20334654. 
  4. ^ "Student who failed A/L's commits suicide". Hiru News. Diakses tanggal 20 July 2015. 
  5. ^ "Student commits suicide over A/L admission, principal suspended". Ada Derana. August 7, 2015. Diakses tanggal 27 December 2017. 
  6. ^ Abeysekera, Nalin Abeysekera. "Education System of Sri Lanka- is committing suicide, a social outcome?". Asian Tribune. Diakses tanggal 27 December 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]