Thyrsos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Santo Thyrsos
Patung Santo Tirso di St. Paulinskirche, Trier
Meninggal251 M
Dihormati diGereja Katolik Roma
Pesta28 Januari
PelindungSisteron

Santo Thyrsus atau Thyrsos, (Tirso (Spanyol);(Portugis); Thyrse (Prancis)) (†251), merupakan seorang martir Kristen. Dia dibunuh karena imannya di Sozopolis (Apollonia), Frigia, selama penganiayaan Decius. Leucius (Leukios) dan Callinicus (Kallinikos) menjadi martir dengannya. Tradisi menyatakan bahwa Thyrsos mengalami banyak siksaan dan dijatuhi hukuman untuk digergaji menjadi dua. Namun, gergaji tidak menembus karena menjadi sangat berat sehingga algojo tidak bisa menggunakannya.[1] Santo Leukios, setelah mencela gubernur, Cumbricius, digantung, disiksa di sisi tubuhnya, dan kemudian dipenggal kepalanya. Callinicus, seorang imam pagan, bertobat setelah melihat kemartiran Thyrsos dan juga dipenggal kepalanya.

Venerasi[sunting | sunting sumber]

Gereja San Tirso di Oviedo.

Relikui Thyrsos dibawa ke Konstantinopel. Kultus menjadi populer di Semenanjung Iberia, di mana ia dikenal sebagai Santo Tirso selama Abad Pertengahan dan disebut San Tirso hari ini.[2] Thyrsos memiliki kantor penuh dalam liturgi Muzarabik. Beberapa relikuinya dibawa ke Prancis: Thyrsos adalah santo tituler katedral Sisteron di Basses Alpes,[3] Katedral Notre Dame et Saint Thyrse. Thyrsos dengan demikian adalah santo pelindung Sisteron.[4] Sebuah gereja abad ke-12 juga didedikasikan untuknya di Châteauponsac.[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Daily Scripture Readings and Lives of the Saints for December 14, 2004 Greek Orthodox Archdiocese of America. Retrieved 2012-02-22.
  2. ^ "Saint Thyrsus, Martyr - Died 251" Diarsipkan 2006-09-09 di Wayback Machine. Christian Iconography page hosted by Augusta State University. Retrieved 2012-02-22.
  3. ^ "Saint of the Day for January 28" Diarsipkan 2014-08-07 di Wayback Machine. Saint Patrick Catholic Church (Washington, DC). Retrieved 2012-02-22.
  4. ^ scarlet.be/amdg/sankt/jan28.html Diarsipkan February 24, 2007, di Wayback Machine.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]