Thomas Robert Cech

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Thomas Robert Cech
Thomas Robert Cech.png
Thomas Robert Cech
Lahir 8 Desember 1947
Chicago
Alma mater Grinnell College BA, Universitas California, BerkeleyPh.D.
Penghargaan Penghargaan Nobel bidang Kimia

Dr. Thomas Robert Cech (lahir di Chicago, 8 Desember 1947; umur 67 tahun) ialah kimiawan Amerika Serikat.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Lahir di Chicago, Illinois, dari keluarga keturunan Ceko, Tom Cech besar dan dididik di Iowa (B.A. dalam kimia dari Grinnell College, 1970). Ia mendapatkan gelar Ph.D. dalam kimia dari Universitas California, Berkeley, dan kemudian terlibat dalam riset pascadoktoral di Jurusan Biologi Institut Teknologi Massachusetts di Cambridge, Massachusetts. Pada tahun 1978 ia bergabung sebagai staf pengajar di Universitas Colorado, Boulder, di mana ia menjadi pengamat Howard Hughes Medical Institute pada tahun 1988 dan Profesor Kimia dan Biokimia Istimewa pada tahun 1990.

Penelitian[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1982, Tom Cech dan kelompok risetnya mengumumkan bahwa molekul RNA dari Tetrahymena thermophila, organisme kolam sel tunggal, memotong dan bergabung dalam ikatan kimia bila tidak ada protein. Kemudian ARN tak terbatas sebagai pembawa pasif informasi genetik, namun bisa pula berperan aktif dalam metabolisme sel. Penemuan RNA yang menyambung sendiri ini menyediakan pengecualian pada kepercayaan yang lama dipegang bahwa reaksi biologis selalu dikatalisis oleh protein. Di samping itu, telah ditandai menyediakan skenario baru dan masuk akal untuk asal usul kehidupan; sebab RNA bisa bertindak sebagai molekul pembawa informasi maupun katalis, barangkali sistem yang pertama kali bereproduksi sendiri hanya terdiri atas RNA. Hanya setahun kemudian diakui bahwa katalis RNA, atau "ribozim," bisa menyediakan kelas baru bagi agen farmasi yang amat spesifik, yang bisa membelah dan kemudian membuat virus RNA maupun RNA lain yang terlibat dalam penyakit tak aktif.

Pada tahun 2000, Dr. Cech pindah ke Maryland untuk menjadi pimpinan Howard Hughes Medical Institute. Ia meneruskan penelitian di bidang struktur ribozim dan pada telomerase di laboratoriumnya yang terletak di Boulder, Colorado.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Karya Dr. Cech telah diganjar dengan sejumlah hadiah dan penghargaan nasional dan internasional, termasuk Penghargaan Heineken dari Akademi Ilmiah Kerajaan Belanda (1988), Albert Lasker Basic Medical Research Award (1988), Penghargaan Nobel Kimia (1989), dan National Medal of Science (1995). Pada tahun 1987, Dr. Cech dipilih ke National Academy of Sciences dan juga dianugerahi jabatan profesor seumur hidup oleh American Cancer Society.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]