Theudebert II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kerajaan Franka setelah Perjanjian Andelot pada tahun 587. Kerajaan Austrasia Childebert (hijau) diwarisi oleh Theudebert II.

Theudebert II (bahasa Perancis: Thibert atau Théodebert) (586–612), Raja Austrasia (595–612 SM), merupakan putra dan pewaris Childebert II. Ia menerima kerajaan Austrasia ditambah kota-kota (civitates) Poitiers, Tours, Le Puy-en-Velay, Bordeaux, dan Châteaudun, dan juga Champagne, Auvergne, dan Transjurane Alemannia, ketika ayahnya wafat pada tahun 595, namun didominasikan oleh neneknya Brunhilda, yang mana dengan sukses ia kendalikan pada tahun 599.

Pada tahun 599, ia dan saudara lelakinya Theuderic II terlibat di dalam perang. Theuderic mengalahkannya di Sens, tapi kemudian bersekutu menentang sepupunya Chlothar II dan mengalahkannya di Dormelles (dekat Montereau), dengan demikian meletakkan tangan mereka pada porsi besar Neustria (600–604). Pada titik ini, bagaimanapunjuga, kedua bersaudara itu tetap saling bertentangan satu dengan lainnya; Theuderic mengalahkannya di Étampes dan ia menolak untuk membantu saudaranya ketika kerajaan Theuderic diserang oleh Chlothar pada tahun 605. Pada tahun 610, ia memeras Alsace dari saudaranya dan Theuderic menentangnya sekali lagi. Theudebert II dikalahkan dengan mudah di Toul dan di Tolbiac pada tahun 612. Ia dipenjarakan di biara atas perintah neneknya Brunhilda, dan tewas terbunuh bersama dengan putranya Merovech.

Putrinya, Emma, terkadang diperkirakan menikah dengan Raja Eadbald dari Kent.

Theudebert II
Lahir: 586 Wafat: 612
Didahului oleh:
Childebert II
Raja Austrasia
595–612
Diteruskan oleh:
Theuderic II