Clovis II

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Makam Clovis II (di depan) dan Charles Martel di Basilika Santo Denis
"Upeti kepada [Raja Kecil] Clovis II", oleh Albert Maignan, 1883 (Musée des Beaux-Arts de Rouen).

Clovis II (637 – 27 November 655 or 658) menggantikan ayahnya Dagobert I pada tahun 639 sebagai Raja Neustria dan Burgundia. Saudaranya Sigebert III telah menjadi Raja Austrasia sejak tahun 634. Ia awalnya dibawah perwalian ibunya Nanthild sampai kematiannya pada tahun 642. Kematian ini membuatnya jatuh kebawah pengaruh para penguasa sekuler, yang mengurangi kekuasaan kerajaan untuk keuntungan mereka sendiri.

Istri Clovis, Balthild, merupakan seorang wanita aristokrat Anglo-Sachsen yang dijual keperbudakan di Gaul. Ia dimiliki oleh majordomo Clovis, Erchinoald, yang memberikannya kepadanya untuk mengumpulkan pendukung kerajaan. Ia melahirkan 3 orang putra yang semuanya menjadi raja setelah kematiannya. Yang sulung, Clotaire, menggantikannya dan putra keduanya, Childéric, kemudian ditempatkan ke atas tahta Austrasia oleh Ebroin. Yang bungsu, Theuderic, menggantikan Childeric di Neustria dan kemudian menjadi raja tunggal Franka.

Clovis masih dibawah umur ketika ia memerintah. Ia terkadang dianggap sebagai raja Austrasia selama interval 656–57 ketika Childebert yang Diadopsi menyerap tahta. Ia kerap dianggap sebagai roi fainéant awal.

Clovis II dimakamkan di Basilika Santo Denis, Paris.

Clovis II
Lahir: 637 Wafat: 655
Didahului oleh:
Dagobert I
Raja Neustria dan Burgundia
639–655
Diteruskan oleh:
Clotaire III