There's No Disgrace Like Home

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

There's No Disgrace Like Home adalah episode ke-4 musim pertama dari serial animasi Amerika Serikat The Simpsons. Episode ini pertama kali ditayangkan di stasiun televisi Fox di AS pada tanggal 28 Januari 1990. Di episode ini Homer Simpson merasa malu terhadap keluarganya yang ia ajak ikut tamasya kantor tempatnya bekerja.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Homer membawa keluarganya untuk bertamasya ikut dengan piknik perusahaan yang diberikan oleh atasannya, Tuan Burns, dan berharap mereka tidak akan mempermalukannya. Setelah Bart, Lisa dan Marge semua berbuat kurang sopan, Bart dan Lisa kelakuannya nakal sementara Marge menjadi mabuk, maka Homer malu dengan perilaku mereka. Kemudian, ia melihat bahwa Tuan Burns perhatiannya menuju ke sebuah keluarga "normal" yang memperlakukan satu sama lain dengan hormat. Anak laki-laki keluarga tersebut mencium bapaknya dan Homer meminta Bart untuk menciumnya juga dengan membayarnya $ 5,-. Tetapi Tuan Burns mencemoohnya. Ia lalu membayangkan bagaimana keluarga lain tersebut bagaikan malaikat-malaikat sementara anggota keluarganya bagaikan iblis-iblis.

Homer bertekad untuk memperbaiki perilaku keluarganya, ia mencoba untuk mendapatkan mereka duduk di meja dengan benar. Namun rencananya tidak berjalan dengan baik karena mereka tidak berdoa dengan baik sebelum makan. Maka ia membawa mereka mengelilingi kampung, mengintip ke dalam beberapa rumah sembari memperhatikan keadaan keluarga-keluarga lainnya. Namun mereka ketahuan mengintip dan seorang pria menembaki mereka dengan senapan. Maka mereka melarikan diri dan sampai di sebuah rumah yang keadaannya berantakan. Ternyata rumah tersebut rumah mereka sendiri.

Tertekan oleh kegagalannya mengajak keluarganya melihat-lihat keadaan di tetangga, ia lalu pergi ke bar Moe untuk minum. Setelah masuk ia bertengkar dengan Barney karena terjadi kesalahampahaman, Homer kemudian melihat sebuah iklan untuk Dr Marvin Monroe Pusat Terapi Keluarga. Dr. Monroe menjamin "kebahagiaan keluarga atau dua kali lipat uang Anda kembali." Homer lalu mendapat ide untuk membuat keluarganya normal.

Homer lalu pulang ke rumah dan mendapati keluarganya sedang menonton kartun The Itchy and Scratchy Show. Televisinya dimatikan dan lalu dibawa. Homer membuat janji di klinik dan membayar biaya dengan menggadaikan televisi mereka serta uang tabungan kuliah anak-anak. Keluarga Homer marah besar, tetapi Homer bersikeras membawa mereka ke klinik Dr. Monroe. Homer membayar $ 250.

Homer sekeluarga disuruh untuk menggambarkan rasa ketakutan dan kecemasan mereka. Bart, Lisa dan Marge menggambarkan Homer. Sedangkan Homer sendiri yang tidak memberi perhatian dan menggambar lain. Dr. Monroe menyimpulkan bahwa anggota sekeluarga menganggap Homer sebagai sumber ketakutan mereka karena ia otoriter. Lalu keluarga Simpsons diberi pentungan dan disuruh memukuli sesama. Setelah itu mereka disuruh duduk di kursi dan satu sama lain dihubungkan dengan aliran listrik. Mereka bisa menyetrum sesama jika merasa marah. Akhirnya terapi ini gagal dan Homer mendapatkan uang berlipat ganda sejumlah $ 500 karena Dr. Monroe menyimpulkan mereka gagal terapi. Homer lalu memutuskan menggunakan uang itu untuk membeli televisi baru. Simpson sekeluarga lalu menjadi harmonis dan berterima kasih terhadap Homer.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Episode itu menunjukkan tanda-tanda menjadi salah satu yang paling awal ditulis. Para tokoh bertindak benar-benar berbeda dari musim-musim di kemudian hari; Lisa, misalnya, tidak disiplin dan nakal, Marge mabuk dan lalai, sementara Homer adalah suara nalar. Peran-peran ini dibalik dalam episode-episode selanjutnya. Episode ini juga adalah episode awal untuk Mr Burns, yang disuarakan oleh Christopher Collins di episode sebelumnya, Homer's Odyssey. Awalnya, karakter dipengaruhi oleh Ronald Reagan, sebuah konsep yang kemudian tidak digunakan lagi. Gagasan bahwa ia akan menyapa karyawan menggunakan kartu indeks terinspirasi oleh cara Reagan untuk menyapa orang. Episode ini menandai pertama kalinya Tuan Burns berseru "lepaskan anjing" (release the hounds).

Episode ini menandai penampilan pertama dari Dr. Marvin Monroe dan Itchy & Scratchy; yang sebelumnya muncul di animasi pendek. Eposide ini juga menandai penampilan pertama Smithers yang berkulit kuning, yang sebelumnya digambarkan sebagai seorang Afrika-Amerika berkulit hitam di episode sebelumnya.

Ide di belakang terapi syok (shock-therapy) ini, berdasarkan Laurel dan Hardy yang melempar tar ke sesama. Adegan ini diatur ulang dalam proses penyuntingan; ketika dimainkan untuk pertama kali, keluarnya berbeda. Suntingan ini sebenarnya bersifat sementara tetapi dianggap baik sehingga tetap demikian dan tak diubah selanjutnya.

Rujukan kebudayaan[sunting | sunting sumber]

Judul There's No Disgrace Like Home merupakan kalimat plesetan dari film The Wizard of Oz: There's no place like home.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]