The Parrot's Theorem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Parrot's Theorem
Sampul edisi pertama
PengarangDenis Guedj
PenerjemahFrank Wynne
NegaraPrancis
BahasaPrancis
GenreNovel
PenerbitWeidenfeld & Nicolson
Tanggal terbit
1998
Tgl. terbit (bhs. Inggris)
15 Juni 2000
Jenis mediaPrint (Hardback & Paperback)
Halaman416 pp (edisi hardback)
ISBNISBN 0-297-64578-1 (edisi hardback) Invalid ISBN
OCLC47023367
843/.914 21
LCCPQ2667.U3555 T4813 2001

The Parrot's Theorem adalah sebuah novel Prancis ditulis oleh Denis Guedj dan diterbitkan pada tahun 1998. Terjemahan bahasa Inggris diterbitkan pada tahun 2000.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Plot berkisah rumah tangga di Paris: Pak Ruche, penjual buku menggunakan kursi roda tua; karyawan dan teman serumah Perrette, dan tiga anak Perrette - remaja kembar dan Max muda yang tuli. Max membebaskan burung beo yang dapat berbicara di pasar dan Pak Ruche menerima kiriman buku matematika dari seorang teman lama, yang telah tinggal di Brasil selama puluhan tahun tanpa ada kontak antara keduanya.

Rumah tangga tersebut menyiapkan penjelajahan matematika sendiri untuk memecahkan kode dari pesan terakhir dari teman lama Pak Ruche, yang sekarang tampaknya telah dibunuh. Topik matematika yang dibahas dalam buku ini yaitu bilangan prima dan faktor; bilangan irasional; penemuan Pythagoras, Archimedes, dan Euclid, dan masalah mengkuadratkan lingkaran dan menggandakan kubus.

Matematika adalah matematika nyata, terjalin dalam urutan sejarah sebagai serangkaian masalah yang menarik, membawa cerita mereka sendiri dengannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]