The Oregonian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Oregonian
Oregonian2-Oct-2004.jpg
Halaman depan The Oregonian 2 Oktober 2004
Jenis harian
Format koran
Pemilik Advance Publications, penerbitan pers milik keturunan S.I. Newhouse..
Penerbit Fred A. Stickel
Redaktur Sandra Mims Rowe (redaktur), Peter Bhatia (redaktur eksekutif)[1]
Staf penulis 288/75 (penuh waktu/paruh waktu)[1]
Didirikan 1850
Kantor pusat Portland, Oregon
Amerika Serikat Amerika Serikat
Sirkulasi 319.625 edisi harian
375.913 edisi Minggu[2]
ISSN 8750-1317
Situs web resmi OregonLive.com

The Oregonian adalah surat kabar harian milik Advance Publications yang terbit di Portland, Oregon, Amerika Serikat. Pertama kali diterbitkan sebagai mingguan oleh Thomas J. Dryer pada 4 Desember 1850, The Oregonian adalah surat kabar tertua yang terbit tanpa terputus di Pantai Barat Amerika Serikat.[3] Surat kabar ini merupakan surat kabar beroplah terbesar di Oregon dan Barat Laut Pasifik.[4]

Pada tahun 2001, surat kabar ini memenangi Penghargaan Pulitzer untuk Pelayanan Publik. Selain itu, Penghargaan Pulitzer juga pernah dimenangi oleh enam wartawan The Oregonian pada tahun 1999, 2001, 2006, dan 2007.

Isi berita berfokus pada kawasan metropolitan Portland. Walaupun demikian, surat kabar ini juga bisa dibeli di hampir semua wilayah Oregon, dan Clark County di negara bagian Washington.

Situs web The Oregonian bernama OregonLive.com. Situs ini dikelola oleh divisi web Advance Publications di New Jersey.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

The Oregonian didirikan tahun 1850 dengan nama Weekly Oregonian. Pada tahun 1861, kepemilikan surat kabar dialihkan ke Henry Pittock yang mulai menerbitkannya sebagai harian.[5] Harvey W. Scott bertugas sebagai redaktur mulai tahun 1865 hingga tutup usia pada tahun 1910.[6] Sementara itu edisi Minggu yang diberi nama Sunday Oregonian terbit pertama kali pada tahun 1881.

1900-1950[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1922, The Morning Oregonian meluncurkan KGW sebagai stasiun radio swasta pertama di Oregon. Lima tahun berikutnya pada tahun 1927, KGW menjadi stasiun radio afiliasi NBC. Pada tahun 1933, The Morning Oregonian sekali lagi membeli stasiun radio kedua, KEX dari anak perusahaan NBC bernama Northwest Broadcasting Co.. Pada tahun 1944, KEX dijual kepada Westinghouse Radio Stations, Incorporated.

Pada tahun 1937, The Morning Oregonian berganti nama menjadi The Oregonian. Dua tahun kemudian pada tahun 1939, asisten redaktur Ronald G. Callvert menerima Penghargaan Pulitzer kategori Penulisan Editorial untuk tajuk rencana berjudul My Country 'Tis of Thee.[7]

Pada tahun 1946, The Oregonian meluncurkan KGW-FM (menurut The Oregonian pada tanggal 8 Mei 1946). Sekarang, stasiun radio ini bernama KKRZ. Pada tahun 1953, stasiun radio KGW dan KGW-FM dijual kepada King Broadcasting Company.

1950-2000[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1957, wartawan The Oregonian bernama William Lambert dan Wallace Turner memenangi Penghargaan Pulitzer untuk Pelaporan Lokal.[8].

Pada tahun 1961, Newhouse membeli harian sore Portland bernama Oregon Journal. Usaha penerbitan kedua surat kabar tersebut dipusatkan di gedung The Oregonian, namun keduanya memiliki staf editorial yang terpisah. Setelah pemasukan iklan terus menurun, harian sore Oregon Journal akhirnya ditutup pada tahun 1989, dan dikonsolidasikan ke dalam Oregonian.

Sebagai bagian dari rencana perusahaan untuk meninggalkan dunia penyiaran, KOIN-TV dijual kepada Lee Enterprises pada tahun 1977, sementara KOIN-AM dan KOIN-FM dijual kepada Gaylord Broadcasting Co..

Setelah S. I. Newhouse meninggal pada tahun 1979, perusahaan dialihkan kepada putra-putranya. S.I. Jr. mengambil alih penerbitan majalah sementara Donald mengambil alih penerbitan surat kabar.

Setelah mendirikan biro Tokyo pada tahun 1989, The Oregonian menjadi surat kabar Amerika dari kawasan Barat Laut Pasifik yang memiliki koresponden di luar negeri.

Pada tahun 1992, The Oregonian mendukung Bill Clinton dalam Pemilihan Presiden AS. Harian ini sebelumnya belum pernah mendukung kandidat dari Partai Demokrat.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Editors of the Year, Editor & Publisher, Februari 2008
  2. ^ "2007 Top 100 Daily Newspapers in the U.S. by Circulation" (PDF). BurrellesLuce. 31 Maret 2007. Diakses 28 Mei 2007. 
  3. ^ Heinzkill, Richard (August 1993). "A Brief History of Newspaper Publishing in Oregon". University of Oregon Libraries. Diakses 22 November 2006. 
  4. ^ Top 100 Newspapers in the United States
  5. ^ Scott, H. W. (1890). "The Press". History of Portland, Oregon. Syracuse, New York: D. Mason & Co. Reprinted in Access Genealogy. AccessGenealogy.com. Diakses 23 Desember 2006. 
  6. ^ "Harvey W. Scott (1838-1910)". Oregon Biographies. The Oregon History Project. Diakses 4 November 2008. 
  7. ^ Pulitzer Prize Winners of 1939, situs web Penghargaan Pulitzer
  8. ^ Pulitzer Prize Winners of 1957 dari situs web Penghargaan Pulitzer
  9. ^ "THE 1992 CAMPAIGN; Newspapers Publish Endorsements". The New York Times. 19 Oktober 1992. Diakses 22 November 2006. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]