The Necklace

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


The Necklace adalah cerita pendek yang ditulis oleh penulis asal Perancis Guy de Maupassant tahun 1884.[1]

Alur[sunting | sunting sumber]

The Necklace menceritakan tentang Mathilde Loisel, yang dinikahi oleh Monsieur Loisel, pegawai kecil di Kementerian Pendidikan Umum. Mathilde tidak puas dengan hidupnya dan menghabiskan hari-harinya dengan bermimpi tentang kehidupan luar biasa yang tidak dia miliki.

Loisel membawa pulang undangan ke pesta dansa yang diselenggarakan oleh bosnya. Loisel berpikir bahwa istrinya akan senang, tetapi justru kesal karena istrinya merasa tidak punya apa-apa untuk dipakai. Loisel memberi empat ratus franc kepada Mathilde untuk membeli gaun baru. Namun, itu tidak cukup, Mathilde ingin memiliki perhiasan untuk dipakai. Loisel lalu menyarankan agar Mathilde pergi menemui Madame Forestier untuk meminjam kalung berlian yang cantik.

Saat berada di pesta, Mathilde terlihat sangat cantik dan semua mata tertuju padanya. Pada jam 4 pagi, Mathilde bergegas pulang. Saat mereka tiba di rumah, Mathilde menyadari bahwa kalungn tersebut telah hilang. Mereka menghabiskan hari-hari berikutnya dan seminggu mencari kalung. Namun, mereka tidak menemukan apa pun.

Mathilde menulis kepada Madame Forestier bahwa pengait kalung itu rusak untuk mengulur waktu mencarikan kalung yang serupa. Di suatu toko perhiasan mereka menemukan kalung berlian yang serupa dengan harga tiga puluh enam ribu franc dan untuk membelinya Loisel harus berhutang. Setelah itu kehidupan keluarga Loisel berubah drastis. Mathilde dan Loisel harus memecat pelayan mereka serta pindah dari apartemen yang mereka tinggali.

Pada suatu waktu, Mathilde berjalan-jalan ke Champ Elysees untuk menghilangkan penatnya. Mathilde bertemu Madame Forestier yang terlihat masih cantik dan awet muda, dia lalu menyapanya. Madame Forestier tidak mengenali Mathilde. Hal itu karena Mathilde berpenampilan lusuh dan tidak terawat karena harus bekerja keras mengurus rumahtangganya tanpa pelayan.

Mathilde bercerita bahwa kondisinya yang sekarang terjadi karena mengembalikan kalung yang hilang, dia dan suaminya harus membeli kalung berlian baru. Karena ini, mereka menghabiskan sepuluh tahun terakhir membayar hutang. Madame Forestier terkejut dengan cerita itu. Dia berkata bahwa kalungnya palsu dan hanya berharga lima ratus franc.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Guy de Maupassant". americanliterature.com. Diakses tanggal 2022-04-20. 
  2. ^ The Necklace (dalam bahasa Inggris).