The Mysterians

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Mysterians
Poster rilis teater
Nama lainChikyū Bōeigun (地球防衛軍)
SutradaraIshirō Honda
ProduserTomoyuki Tanaka[1]
SkenarioTakeshi Kimura[1]
CeritaJōjirō Okami[1]
Berdasarkan
Sebuah adaptasi
oleh Shigeru Kayama[1]
Pemeran
Penata musikAkira Ifukube[1]
SinematograferHajime Koizumi[1]
PenyuntingHiroichi Iwashita[1]
Perusahaan
produksi
DistributorToho
Tanggal rilis
  • 28 Desember 1957 (1957-12-28) (Jepang)
Durasi89 menit[2]
NegaraJepang
BahasaBahasa Jepang
Anggaran¥200 juta[3]
Pendapatan
kotor
US$1,5 juta[a]

The Mysterians (Jepang: 地球防衛軍, Hepburn: Chikyū Bōeigun, terj. har.'Angkatan Pertahanan Bumi') adalah film fiksi ilmiah epik Jepang tahun 1957 yang disutradarai oleh Ishirō Honda, dengan efek khusus oleh Eiji Tsuburaya. Diproduksi dan didistribusikan oleh Toho Co., Ltd., film ini adalah kolaborasi Honda-Tsuburaya pertama yang difilmkan dalam warna dan TohoScope, dan dibintangi oleh Kenji Sahara, Yumi Shirakawa, Momoko Kōchi, Akihiko Hirata, Yoshio Tsuchiya, Susumu Fujita, dan Takashi Shimura, dengan Haruo Nakajima dan Katsumi Tezuka sebagai Mogera. Dalam film tersebut, pasukan pertahanan Bumi bersatu untuk memerangi ras luar angkasa yang ingin menikah dengan wanita manusia dan menetap di planet tersebut.

Terinspirasi oleh kesuksesan film fiksi ilmiah beranggaran besar di Jepang dan Amerika Serikat, para eksekutif Toho tertarik untuk memproduksi epik fiksi ilmiah mereka sendiri. Produser Tomoyuki Tanaka merekrut penulis fiksi ilmiah Jōjirō Okami untuk mengembangkan cerita, yang kemudian teradaptasi oleh Shigeru Kayama untuk skenario Takeshi Kimura. Honda menyatakan bahwa tiga perusahaan terlibat dalam produksi film tersebut, paling banyak dalam produksi tokusatsu arahannya.

The Mysterians dirilis secara teatrikal di Jepang pada 28 Desember 1957, sebagai fitur ganda dengan Sazae's Youth. Film itu meraih kesuksesan box office di Jepang setelah dirilis, menghasilkan ¥193 juta dari anggaran ¥200 juta selama pemutaran teater aslinya, menjadikannya film Jepang dengan pendapatan kotor tertinggi kesepuluh pada tahun 1957, dan memimpin Toho untuk menghasilkan dua buah epik fiksi ilmiah bertema luar angkasa selanjutnya: Battle in Outer Space (1959) dan Gorath (1962). Sulih suara bahasa Inggris dari film tersebut diproduksi oleh RKO Radio Pictures dan didistribusikan di Amerika Serikat oleh Metro-Goldwyn-Mayer pada 27 Mei 1959, dengan pendapatan kotor sebesar US$975,000 dan dilaporkan menerima sebagian besar ulasan positif. Kritikus film Barat memuji efek khusus Tsuburaya, tetapi beberapa mengkritik plotnya sebagai membingungkan dan kekanak-kanakan.

The Mysterians sekarang dianggap sebagai salah satu film Honda-Tsuburaya paling terkenal dan spektakuler dan telah mendapatkan kelompok penggemar fanatik dari penggemar film fiksi ilmiah. Hal itu menginspirasi band garage rock terkenal ? and the Mysterians dan film televisi tahun 1968 berjudul Mars Needs Women. Kaiju robot film ini yang bernama Mogera kemudian menjadi karakter berulang dalam waralaba Toho yaitu Godzilla, terutama muncul dalam film tahun 1994 berjudul Godzilla vs. SpaceGodzilla (1994), serial televisi Godzilla Island (1997–1998) serta berbagai komik dan permainan video.

Plot[sunting | sunting sumber]

Astrofisikawan Ryoichi Shiraishi, tunangannya Hiroko Iwamoto, saudara perempuannya Etsuko, dan temannya Joji Atsumi menghadiri festival bon di sebuah desa di kaki Gunung Fuji. Selama festival, Shiraishi bergegas keluar untuk menyelidiki kebakaran hutan yang tiba-tiba terjadi di dekatnya dan ia menghilang selama kekacauan. Keesokan harinya, Atsumi bertemu mentornya, Dr. Tanjiro Adachi, kepala astronom, di observatorium lokal. Adachi memberinya laporan lengkap yang ditulis oleh Shiraishi mengenai asteroid yang baru ditemukan yang diyakini pernah menjadi planet antara Mars dan Jupiter, yang dijuluki "Mysteroid". Namun, Adachi menolak teori radikalnya.

Sementara itu, desa tempat diadakannya festival itu benar-benar musnah oleh gempa bumi yang masif. Saat menyelidiki area tersebut, Atsumi dan sekelompok petugas polisi menemukan robot raksasa, Mogera, yang keluar dari sisi bukit. Robot itu memancarkan sinar yang memusnahkan tim investigasi; hanya Atsumi dan polisi utama yang selamat. Robot kemudian maju ke sebuah kota dekat Jembatan Koyama malam itu, tempat ia disambut oleh perlawanan berat dari Pasukan Bela Diri Jepang. Namun, artileri mereka tidak berpengaruh pada Mogera, dan robot itu terus mengamuk hingga dihancurkan oleh bahan peledak yang diledakkan oleh pasukan Jepang di dekat Jembatan Koyama.

Setelah Atsumi memberi pengarahan kepada pejabat tentang hal yang telah dipelajari tentang robot di Gedung Parlemen Jepang, para astronom menyaksikan aktivitas di luar angkasa di sekitar bulan. Mereka mengingatkan dunia akan penemuan ini, dan alien muncul tidak lama kemudian, kubah raksasa mereka menembus kerak bumi di dekat Gunung Fuji. Dr Adachi dan lima ilmuwan lainnya setuju untuk mengadakan konferensi di kubah setelah suara misterius meminta mereka untuk melakukannya selama pengamatan kubah oleh rombongan militer dan ilmiah. Para pria secara resmi diantar ke kubah, tempat ras alien humanoid yang maju secara ilmiah dikenal sebagai "Mysterians", mengungkapkan tuntutan mereka dari orang-orang di Bumi: sebidang tanah dengan radius dua mil dan hak untuk menikahi wanita di Bumi. Pemimpin Mysterian mengungkapkan bahwa ribuan tahun yang lalu planet mereka—Mysteroid, setelah planet kelima dari matahari—dihancurkan oleh perang nuklir. Meskipun beberapa Mysterian dapat melarikan diri ke Mars sebelum planet mereka dianggap tidak dapat dihuni, strontium-90 yang tersisa dari populasi alien mengubah bentuk dan melumpuhkan sehingga mereka ingin kawin silang dengan wanita di Bumi untuk menghasilkan keturunan yang lebih sehat dan menjaga ras mereka tetap hidup.

Negara Jepang dengan cepat menolak permintaan mereka dan memulai mobilisasi angkatan bersenjatanya di sekitar Gunung Fuji. Shiraishi—yang menghilang selama kebakaran hutan—mengungkapkan bahwa ia berpihak pada Mysterian karena pencapaian teknologi mereka. Tanpa ragu-ragu, Jepang dengan cepat meluncurkan serangan skala penuh terhadap kubah Mysterian, tetapi persenjataan modern mereka tidak sebanding dengan teknologi Mysterian. Kemunduran ini menyebabkan Jepang memohon kepada negara lain untuk bergabung dalam memberantas ancaman Mysterian. Negara-negara di seluruh dunia menanggapi dan mengeluarkan serangan lain di kubah Mysterian dalam waktu singkat, memanfaatkan kapal udara kelas Alpha dan Beta yang baru dikembangkan, yang juga gagal melawan persenjataan canggih mereka.

Para Mysterian kemudian meningkatkan permintaan mereka, meminta tanah dengan radius 75 mil, karena Bumi terus mengembangkan metode serangan baru. Upaya Bumi dalam hal ini terbayar ketika Markalite FAHP (Flying Atomic Heat Projector), sebuah lensa raksasa yang dapat memantulkan persenjataan Mysterian, dirancang. Sementara itu, orang Misterius menculik Etsuko dan Hiroko, menyebabkan Atsumi mencari, dan menemukan, pintu masuk gua ke terowongan di bawah kubah Misterius.

Sementara itu, FAHP Markalite dikerahkan oleh roket GYRO Markalite besar, dan pertempuran terakhir melawan basis operasi Mysterians dimulai. Atsumi memasuki kubah dan menemukan wanita yang diculik oleh Mysterian, hidup dan tidak terluka, di ruangan yang tidak dijaga. Ia membawa mereka kembali ke terowongan, tempat ia menemukan Shiraishi, yang mengakui bahwa para Mysterian menipunya dan benar-benar tidak memiliki niat baik. Dalam serangan terakhir di pangkalan dari dalam, Shiraishi mengorbankan dirinya dalam serangan terakhir di pangkalan dari dalam sementara Markalite FAHP menyerang komando dari udara. Di tengah pertempuran, Mogera kedua yang dikerahkan oleh Mysterian dinonaktifkan setelah salah satu FAHP jatuh di atasnya. Saat Adachi dan para wanita mencapai tempat aman di perbukitan di atas tanah pendudukan para Misterius, kubah itu runtuh dan meledak. Sementara beberapa Mysterian yang masih hidup melarikan diri ke luar angkasa dengan pesawat luar angkasa mereka, Dr. Adachi berkomentar tentang perlunya kewaspadaan yang berkelanjutan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tema[sunting | sunting sumber]

Sutradara Ishiro Honda mendeskripsikan film tersebut, dengan mengatakan bahwa film tersebut "skalanya lebih besar dibandingkan dengan" Godzilla "atau" Rodan "dan ditujukan untuk menjadi film fiksi ilmiah yang sebenarnya ... Saya ingin menghapus gagasan [zaman Perang Dingin] tentang Timur versus Barat dan menyampaikan aspirasi sederhana dan universal untuk perdamaian, berkumpulnya semua umat manusia sebagai satu kesatuan untuk menciptakan masyarakat yang damai."[6] Berkaca pada masa pengembangan film tersebut, Honda menyatakan bahwa ia menghormati para ilmuwan, tetapi "takut akan bahaya sains, bahwa siapa pun yang menguasainya dapat mengambil alih seluruh Bumi."[7]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Terinspirasi oleh kesuksesan film fiksi ilmiah beranggaran besar di Jepang dan Amerika Serikat (seperti epik tahun 1953 yang disutradarai oleh Byron Haskin berjudul The War of the Worlds dan film Fred F. Sears tahun 1956 berjudul Earth vs. the Flying Saucers), eksekutif Toho menjadi tertarik untuk memproduksi epik fiksi ilmiahnya sendiri.[8][9]

Produser Tomoyuki Tanaka mempekerjakan penulis sci-fi Jōjirō Okami untuk menulis cerita setelah membaca novel Okami berjudul A Small Box of Lead.[10] Meskipun Tanaka meminta supaya ceritanya ditulis sebagai novel, dengan asumsi nantinya akan diterbitkan di majalah,[10] Garis besar awal cerita Okami untuk film tersebut tidak pernah diterbitkan.[11] Garis besar awal Okami tidak termasuk Mogera, Shiraishi mengkhianati kemanusiaan atau Mysterians mencari pernikahan dengan wanita manusia.[11] Okami diberitahu oleh Shigeru Kayama—yang mengadaptasinya untuk skenario Takeshi Kimura—untuk garis besar awalnya "supaya lebih romantis".[11]

Pemilihan pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran dalam Seven Samurai (1954) yaitu Yoshio Tsuchiya dikenal berperan sebagai Pemimpin Mysterian dalam film tersebut. Tsuchiya tidak peduli dengan fakta bahwa ia akan ditutupi helm, kacamata, dan kostum kulit yang terbuat dari kain fiberglass tahan api. Dalam upayanya untuk mengkompensasi, Tsuchiya menciptakan gerakan rentetannya sendiri - "akting luar angkasa". Dalam sebuah wawancara, Tsuchiya menyatakan: "Toho mengatakan tidak [memilih saya dalam peran ini], karena wajah saya akan ditutupi. Saya tidak setuju, mengatakan bahwa menjadi seorang aktor bukan hanya tentang menunjukkan wajah kami. Hal ini sangat mengesankan Honda-san, dan kami membentuk relasi, baik di tempat kerja maupun di luar pekerjaan" Menurut sutradara Ishirō Honda, "Hal itu adalah keinginan [Tsuchiya] [untuk memainkan peran], tapi saya juga mengenalnya dengan sangat baik, jadi saya pikir ia akan memerankannya dengan baik".[12]

The Mysterians adalah peran pendukung ketiga Takashi Shimura dalam film tokusatsu produksi Toho, setelah perannya sebagai ahli paleontologi dalam film karya Honda berjudul Godzilla (1954) dan karya Motoyoshi Oda berjudul Godzilla Raids Again (1955).[13] Begitu pula, Godzilla dibintangi oleh Momoko Kōchi dan Akihiko Hirata dan Rodan (1956) dibintangi oleh Kenji Sahara dan Yumi Shirakawa memiliki peran utama dalam film sebagai Hiroko Iwamoto, Ryōichi Shiraishi, Jōji Atsumi, dan Etsuko Shiraishi masing-masing.[14]

Sejumlah besar aktor asing berperan sebagai peran kecil dalam film tersebut, menunjukkan ambisi luar negeri Toho untuk film Honda-Tsuburaya. Di antara para aktor yang berperan sebagai ilmuwan Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam film tersebut adalah George Furness, seorang pengacara Inggris yang mewakili mantan terdakwa Kekaisaran Jepang di Pengadilan Kejahatan Perang Tokyo, dan Harold S. Conway, seorang pengusaha Tokyo. Penerjemah mereka adalah Heihachiro Okawa, seorang aktor dengan karir eklektik yang produktif di Jepang dan luar negeri,[4] yang memainkan peran kecil dalam film sebagai Direktur Hubungan Eksternal Markas Besar Pertahanan.[15]

Syuting[sunting | sunting sumber]

The Mysterians menandai kolaborasi pertama antara Honda dan sutradara efek khusus Eiji Tsuburaya yang diambil dalam TohoScope anamorfik, yang baru saja diperkenalkan oleh studio.[7]

Rilisan[sunting | sunting sumber]

The Mysterians dirilis di Jepang oleh Toho pada 28 Desember 1957.[2] Film ini menghasilkan ¥193 juta selama pemutaran teatrikalnya, menjadikannya film berpenghasilan tertinggi kedua Toho tahun itu, hanya berada di belakang karya Hiroshi Inagaki berjudul Rickshaw Man, dan merupakan film berpenghasilan tertinggi kesepuluh di Jepang secara keseluruhan.[4] Film tersebut dirilis ulang secara teatrikal di Jepang pada 18 Maret 1978.[16]

Di Amerika Serikat, The Mysterians awalnya dibeli oleh RKO Radio Pictures, yang menyediakan sulih suara, tetapi dijual kepada Loew's Inc. untuk dirilis karena nasib buruk RKO.[2] Metro-Goldwyn-Mayer merilis film tersebut di AS pada 15 Mei 1959, sebagai fitur ganda dengan Watusi.[2] Film itu meraup US$975,000 selama di box office Amerika[5] tetapi hanya membuat MGM untung sebesar US$58,000.[17]

Media rumahan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006, BFI merilis versi Jepang dari The Mysterians dalam bentuk DVD.[18] Film ini tersedia di The Criterion Channel.[19]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Masa itu[sunting | sunting sumber]

Menurut Boxoffice, The Mysterians mendapatkan ulasan yang umumnya positif di Amerika Serikat.[20] Variety menyebutnya "diproduksi dengan baik", mencatat "efek khusus yang melibatkan tanah longsor, gempa bumi, dan mortar yang meleleh secara realistis dicapai membuktikan fasilitas tersebut dengan pembuat film Jepang berhubungan dalam miniatur."[21] tetapi menemukan film tersebut "Memang klise seperti sudah geram" mencatat bahwa "Sementara Junior mungkin tergerak oleh kedatangan makhluk kecil dari luar angkasa , kakak laki-laki dan semua orang sepertinya akan menertawakan mereka."[21] Ulasan tersebut mengomentari sulih suara bahasa Inggris, menyatakan bahwa hal itu "cukup dapat dimengerti, tetapi orang mungkin dengan mudah percaya bahwa terdapat sesuatu yang hilang dalam terjemahan."[21] Harrison's Reports merasa hal itu "jauh lebih baik daripada kebanyakan film buatan Amerika dari jenisnya" dan "meskipun ide ceritanya menawarkan sedikit hal baru [sic], aksinya menarik minat seseorang terutama karena latar imajinatif, kapal ruang angkasa rumit yang digunakan oleh penjajah bersama dengan berbagai gawai elektroniknya, dan efek khusus yang sangat bagus yang menggambarkan adegan bencana kehancuran saat penjajah dan penduduk Bumi saling bertarung dengan segala jenis senjata."[22] Motion Picture Daily memuji efek film, menulis bahwa "bahkan penggemar aksi yang paling bosan pun harus mengakui bahwa beberapa adegan bencana massal, pertempuran langit dan darat yang tampaknya tak berujung dan latar 'Buck Rogers' ultra-modern yang jarang, jika pernah, disamakan."[23]

Beberapa kritikus menyorot versi sulih suara bahasa Inggris Peter Riethof dan Carlos Montalban dari film tersebut, termasuk "H.H.T." dari The New York Times dan seorang penulis tanpa kredit untuk The Monthly Film Bulletin.[24][25] Penulis yang terakhir mengatakan bahwa "kelemahan utamanya adalah plot yang ringan dan membingungkan, karakterisasi yang kurang berkembang dan akting tanpa seni" tetapi memuji arahan dan pementasan seni film tersebut, menyebutnya "mungkin tampilan piroteknik yang paling mempesona dalam genre hingga saat ini."[25]

Selama pemutaran teatrikalnya di Amerika Serikat, beberapa penonton teater menuduh film tersebut sebagai propaganda komunis.[26]

Retrospektif[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah retrospeksi pada film fiksi ilmiah Soviet, sutradara Inggris Alex Cox membandingkan The Mysterians dengan First Spaceship on Venus tetapi menggambarkan film yang terakhir sebagai "lebih kompleks dan ambigu secara moral."[27] AllMovie memuji film ini karena efek khususnya.[28] Dalam ulasan retrospektif, Sight & Sound menemukan bahwa "visual ruang angkasa dan desain penuh warna mengantisipasi fantasi spektakuler yang akan dilakukan Honda untuk Toho pada [1960-an], termasuk Mothra, Godzilla vs. The Thing, Ghidrah The Three-Headed Monster dan Invasion of the Astro-Monsters [sic]."[29]

Warisan[sunting | sunting sumber]

The Mysterians sekarang dianggap sebagai salah satu film Honda-Tsuburaya yang paling terkenal dan spektakuler dan telah mendapatkan kelompok penggemar fanatik dari penggemar film robot dan fiksi ilmiah.[18] Japan Society menyebut film itu sebagai salah satu "film klasik fiksi ilmiah" paling terkenal di Jepang.[30] Film ini menginspirasi band garage rock terkenal ? and the Mysterians[31] dan film televisi tahun 1968 yaitu Mars Needs Women.[32] Robot kaiju dalam film yaitu Mogera nantinya akan menjadi karakter berulang dalam waralaba Godzilla oleh Toho, terutama muncul dalam permainan video tahun 1988 yaitu Godzilla: Monster of Monsters, film tahun 1994 yaitu Godzilla vs. SpaceGodzilla,[33] serial televisi Godzilla Island (1997–1998)[34] serta berbagai komik.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Box office seluruh dunia terdokumentasi dari The Mysterians:
    • Jepang – ¥193 juta[4] (US$530,000)
    • AS – US$975,000[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g Galbraith IV 1996, hlm. 301.
  2. ^ a b c d e Galbraith IV 1996, hlm. 302.
  3. ^ Motoyama et al. 2012, hlm. 27.
  4. ^ a b c Ryfle & Godziszewski 2017, hlm. 141.
  5. ^ a b Ryfle & Godziszewski 2017, hlm. 148.
  6. ^ Ryfle & Godziszewski 2017, hlm. 137.
  7. ^ a b Ryfle & Godziszewski 2017, hlm. 139.
  8. ^ Newman 2006, hlm. 1.
  9. ^ Ryfle & Godziszewski 2017, hlm. 138.
  10. ^ a b Toho 1986, hlm. 155–157.
  11. ^ a b c Motoyama et al. 2012, hlm. 26.
  12. ^ Ryfle & Godziszewski 2017, hlm. 140–141.
  13. ^ Nollen 2019, hlm. 101.
  14. ^ Tanaka 1983, hlm. 535.
  15. ^ Tanaka 1983, hlm. 528.
  16. ^ Galbraith IV 2008, hlm. 311.
  17. ^ The Eddie Mannix Ledger, Los Angeles: Margaret Herrick Library, Center for Motion Picture Study .
  18. ^ a b "The Mysterians (DVD)" (dalam bahasa Inggris). British Film Institute. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 14, 2023. Diakses tanggal April 14, 2023. 
  19. ^ "The Mysterians". The Criterion Channel (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal April 16, 2023. 
  20. ^ Boxoffice 1960, hlm. 6.
  21. ^ a b c Willis 1985, hlm. 138: "Diulas pada 15 Mei 1959"
  22. ^ "The Mysterians with an all-Japanese cast". Harrison's Reports. Vol. 41 no. 21. May 23, 1959. hlm. 83. 
  23. ^ "Chikyu Boeigun (The Mysterians), Japan, 1957". Motion Picture Daily. Vol. 85 no. 95. 1959. hlm. 5. 
  24. ^ H.H.T. (July 2, 1959). "Screen: A Double Bill; ' Watusi' Arrives With 'The Mysterians'". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 9, 2016. Diakses tanggal December 20, 2016. 
  25. ^ a b "Chikyu Boeigun (The Mysterians), Japan, 1957". Monthly Film Bulletin. Vol. 26 no. 300. British Film Institute. 1959. hlm. 58. 
  26. ^ Stewardson, Christopher (November 26, 2020). "Thoughts on Film: The Mysterians (1957)". Our Culture Mag (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal April 16, 2023. 
  27. ^ Cox, Alex (June 30, 2011). "Rockets from Russia: great Eastern Bloc science-fiction films". The Guardian. Diakses tanggal August 22, 2016. 
  28. ^ Mannikka, Eleanor. "The Mysterians". Allmovie. Diakses tanggal 2009-07-17. 
  29. ^ Hollings, Ken (March 2006), "Reviews: DVDs: Close-Up: Origins of the Species", Sight and Sound, British Film Institute, vol. 16 no. 3, hlm. 92 
  30. ^ "Directing Godzilla: The Life of Filmmaker Ishiro Honda". Japan Society (dalam bahasa Inggris). February 21, 2018. Diakses tanggal April 17, 2023. 
  31. ^ "Question Mark and the Mysterians". The Ponderosa Stomp (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-01-29. 
  32. ^ Newman 2006, hlm. 2.
  33. ^ Mamiya 2000, hlm. 47.
  34. ^ Mamiya 2000, hlm. 183.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]