The Motorcycle Diaries (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Diarios de motocicleta
The Motorcycle Diaries
Poster film The Motorcycle Diaries
SutradaraWalter Salles
ProduserMichael Nozik
Ditulis olehErnesto Guevara (diari)
Alberto Granado (buku)
Jose Rivera
PemeranGael García Bernal
Rodrigo de la Serna
Penata musikGustavo Santaolalla
DistributorFocus Features (AS)
Tanggal rilis
15 Januari 2004
Durasi128 menit
Anggaran?
IMDbInformasi di IMDb

The Motorcycle Diaries (judul Spanyol: Diarios de motocicleta) adalah film biografi berbahasa Spanyol tahun 2004 yang disutradarai oleh Walter Salles. Film yang temanya diangkat dari buku catatan harian Guevara dan Granado ini menceritakan perjalanan Ernesto "Che" Guevara (yang kemudian terkenal sebagai seorang revolusioner Marxisme) muda dan sahabatnya Alberto Granado di wilayah Amerika Selatan.

Gael García Bernal memerankan si tokoh utama Ernesto Guevara sedangkan Rodrigo de la Serna (sebenarnya sepupu kedua Guevara) memerankan tokoh Alberto Granado.

  • Tagline: Let the world change you and you can change the world. ("Biarkan dunia mengubahmu dan Anda dapat mengubah dunia".)

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sebelum Ernesto menyelesaikan gelar kedokterannya, dia dan sahabatnya Alberto, usianya lebih tua, meninggalkan Buenos Aires untuk bepergian di sepanjang wilayah Amerika Selatan mencari kesenangan dan petualangan, hingga mencapai tujuan terakhir Venezuela. Sarana transportasi mereka berupa motor Norton 500 Alberto yang butut dan telah bocor yang dijuluki La Poderosa ("Si Perkasa") oleh mereka.

Selama dalam perjalanan mereka menemukan banyak wilayah yang dilanda penderitaan dan kemiskinan. Contohnya ketika mereka sedang bersukarela di kawasan penderita kusta di sebelah utara Peru, atau tatkala berhadapan dengan si pemilik tanah yang merampas tanah sepasang suami-istri. Pengalaman tersebut mengubah pandangan Guevara melihat dunia yang dia pikir makin tidak adil.

Perjalanan mereka menghabiskan waktu lebih dari setahun dengan jarak yang ditempuh lebih dari 12.000 km, dari Argentina melewati Chili, Peru dan Kolombia hingga ke Venezuela.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Film yang pemutaran perdananya berlangsung pada Festival Film Sundance 2004 ini mendapat empat nominasi pada Festival Film Cannes 2004; satu penghargaan yang tidak berhasil dijuarai adalah "Palem Emas".

Film ini juga mendapat dua nominasi pada Penghargaan Oscar ke-77 untuk kategori "Lagu Asli Terbaik" dan "Film Adaptasi Terbaik". Ia berhasil meraih penghargaan "Lagu Asli Terbaik" (untuk pertama kalinya lagu berbahasa Spanyol meraih penghargaan ini).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]