The Good Place

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The Good Place
Judul kartu untuk The Good Place, dengan "The Good Place" ditulis dalam tulisan putih dengan latar belakang hijau polos
Genre
PembuatMichael Schur
Pemeran
Penata musikDavid Schwartz
Negara asalAmerika Serikat
Bahasa asliInggris
Jmlh. musim4
Jmlh. episode53 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutif
Produser
Penyunting
  • Colin Patton
  • Matthew Barbato
  • Eric Kissack
Pengaturan kameraKamera tunggal
Durasi22 menit
Rumah produksi
Rilis asli
JaringanNBC
Format audio5.1 Dolby Digital dengan DVS pada SAP
Rilis19 September 2016 (2016-09-19) –
30 Januari 2020 (2020-1-30)

The Good Place adalah serial televisi komedi fantasi Amerika Serikat yang diciptakan oleh Michael Schur. Episode perdananya tayang pada 19 September 2016, di NBC.[8]

Serial ini berfokus pada Eleanor Shellstrop (Kristen Bell), seorang wanita yang terbangun di akhirat dan diperkenalkan oleh Michael (Ted Danson) ke "The Good Place", sebuah utopia seperti Surga yang dia rancang, sebagai imbalan atas kehidupannya yang benar. Dia menyadari bahwa dia dikirim ke sana karena kesalahan dan harus menyembunyikan perilaku moralnya yang tidak sempurna dan mencoba menjadi orang yang lebih baik. William Jackson Harper, Jameela Jamil dan co-star Manny Jacinto sebagai penghuni lain "The Good Place", bersama dengan D'Arcy Carden sebagai Janet, makhluk buatan yang membantu penduduknya.

The Good Place menuai tanggapan positif sejak debutnya. Pujian ditujukan pada performa, penulisan, originalitas, setting, dan tone. Pada Novermber 2017, NBC memperbarui series untuk musim ketiga dengan 13 episode, yang tayang perdana pada 27 September 2018.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Musim 1[sunting | sunting sumber]

Setelah kematiannya, Eleanor Shellstrop disambut di "The Good Place" oleh Michael, seorang arsitek abadi yang secara spesifik meracang kehidupan setelah kematian untuk menampung semua selera spesifik semua orang. Eleanor dengan segera menyadari bahwa dia tidak cocok di tempat ini dan pasti tertukar dengan orang lain. Dia bercerita tentang hal ini kepada belahan jiwanaya, seorang profesor etik bernama Chidi Anagonye. Chidi setuju untuk membantu Eleanor menjadi orang yang lebih baik demi mendapatkan tempat di The Good Place. Tetangga Eleanor adalah orang biksu Buddha yang mengambil sumpah diam, Jianyu Li, dan belahan jiawanya, Tahani Al-Jamil, seorang sosialita. Jianyu mengungkapkan bahwa dia tau Eleanor adalah sebuah kesalahan dan dia sebenarnya seorang DJ gagal dari Florida bernama Jason Mendoza, yang percaya bahwa dia berada di sini karena kesalahan. Ketika Chidi berusha untuk mengajari Eleanor dan Jason pelajaran etik, Tahani mencoba untuk mencari jalan agar Eleanor dan Jason dapat berada di The Good Place. Ketika semua usaha gagal, seorang hakim bernama Shawn memutuskan bahwa Eleanor dan Jason harus dikirim ke the Bad Place. Pada akhir Musim, Eleanor menduga bahwa mereka berempat sebenarnya sudah berada di The Bad Place, dan Michael mengunkapkan rencana jahatnya agar empat manusia menyiksa satu sama lain selamanya secara emosional dan psikis. Dia lalu mengumumkan rencananya untuk menghapus memori dan memisahkan mereka.

Musim 2[sunting | sunting sumber]

Michael berulang kali mencoba eksperimen untuk menyiksa grup manusia dengan berbagai variasi, tetapi grup selalu dapat mengetahui kebenarannya. Setelah 802 percobaan gagal, demon lain menyatakan kudeta terhadap Michael dan mengancam akan memberi tahu Shawn tentang kegagalannya jika dia tidak menerapkan keinginan mereka. Michael memutuskan untuk bergabung dengan manusia dan berjanji akan membawa mereka ke The Good Place yang sebenarnya; mereka setuju setelah Michel mau mulai belajar tentang etik. Mereka kabur dengan bantuan Michael, melewati The Bad Place untuk mencoba banding dengan "The Judge". The Judge memberikan tes kepada masing-masing manusia untuk melihat apakah mereka sudah cukup baik untuk memasuki The Good Place, dan hanya Eleanor yang lolos (meskipun ia berkata kepada yang lain bahwa ia gagal). Michael mengajukan banding kembali, dan Judge setuju untuk mengirim mereka kembali ke Bumi tanpa ingatan tentang kehidupan setelah kematian memberikan kesempatan untuk menunjukan berkembangnya moral tanpa mengetahui konsekuensinya. Setelah awal yang gagal, Michael campur tangan kembali ke Bumi dan mengarahkan Eleanor ke Chidi, membangkitan keinginan Eleanor akan etik.

Musim 3[sunting | sunting sumber]

Mengetahui bahwa grup manusia kembali ke kebiasaan lama, Michael berulang kali campur tangan tanpa sepengetahuan Judge untuk memanipulasi mereka agar menemukakn satu sama lain. Mereka berkumpul di Sydney dan menjadi peserta riset studi oleh Chidi dan koleganya, Simone tentang pengalaman hampir mati dan pengambilan keputusan etis. Setelah setahun memantau dan campur tangan dengan grup manusia, Michael dan Janet tertangkap tangan dan terpaksa mengaku tentang pengalaman mereka di kehidupan setelah kematian. Hal ini mengakibatkan mereka tidak dapat mendapatkan poin untuk ke The Good Place. Eleanor mengajak yang lain untuk menghabiskan sisa waktu hidup mereka untuk membantu orang lain ke The Good Place. Michael dan Janet melacak Doug Forcett, satu-satunya orang yang hampir memahami tentang kehidupan setelah kematian; mereka mendapati bahwa obsesi Doug tentang The Good Place membuatnya hidup dalam kesengsaraan. Shawn pergi ke Bumi untuk menangkap Michael, dan mengejek bahwa tidak ada satupun, termasuk Doug, yang akan ke The Good Place. Shawn dan demonnya memaksa grup manusia kembali ke alam setelah kematian. Ketika Michael dan Janet mendapati bahwa selama 521 tahun tidak ada manusia yang masuk ke the Good Place.

Pemain dan karakter[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Berulang[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nominee Hasil Ref.
2016 Critics' Choice Television Awards Most Exciting New Series The Good Place Menang [9]
IGN Awards Best TV Comedy Series Nominasi [10]
2017 American Film Institute Awards Top 10 TV Programs of the Year Menang [11]
Critics' Choice Television Awards Best Actor in a Comedy Series Ted Danson [12]
Best Actress in a Comedy Series Kristen Bell Nominasi
Gold Derby Awards Comedy Lead Actor Ted Danson [13]
People's Choice Awards Favorite New Comedy Series The Good Place [14]
Saturn Awards Best Fantasy Television Series [15]
TCA Awards Individual Achievement in Comedy Kristen Bell [16]
Outstanding Achievement in Comedy The Good Place
Outstanding New Program
2018 Hugo Award Best Dramatic Presentation, Short Form "Michael's Gambit" written and directed by Michael Schur [17]
"The Trolley Problem" written by Josh Siegal & Dylan Morgan and directed by Dean Holland Menang [17]
Primetime Emmy Awards Outstanding Guest Actress in a Comedy Series Maya Rudolph Nominasi [18]
Outstanding Lead Actor in a Comedy Series Ted Danson Nominasi
Saturn Awards Best Fantasy Television Series The Good Place Nominasi [19]
TCA Awards Individual Achievement in Comedy Ted Danson [20]
Outstanding Achievement in Comedy The Good Place Menang
Program of the Year Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wansbrough, Aleksandr Andreas (November 8, 2017). "Kantian comedy: the philosophy of The Good Place". The Conversation. Diakses tanggal December 20, 2017. 
  2. ^ Lombrozo, Tania (October 23, 2017). "The Good Psychology In 'The Good Place'". NPR. Diakses tanggal December 20, 2017. 
  3. ^ Brogan, Jacob (October 27, 2017). "On The Good Place, Thinking Too Much About How to Be Good Can Send You Straight to Hell". Slate. Diakses tanggal December 20, 2017. 
  4. ^ Moore, Trent (January 31, 2017). "NBC renews acclaimed fantasy sitcom The Good Place for Season 2". Syfy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-22. Diakses tanggal December 20, 2017. 
  5. ^ Menta, Anna (October 19, 2017). "How Mike Schur's 'The Good Place' Is Revolutionizing the Sitcom". Newsweek. Diakses tanggal December 20, 2017. 
  6. ^ Nussbaum, Emily (February 6, 2017). "Dystopia in The Good Place". The New Yorker. Diakses tanggal February 17, 2018. 
  7. ^ Misra, Sulagna (October 24, 2016). "The Dystopia of Black Mirror, the Utopia of The Good Place". GQ. Diakses tanggal February 17, 2018. 
  8. ^ O'Connell, Michael (June 15, 2016). "NBC Sets Fall Premiere Dates, Gives 'Good Place' a Choice Preview Slot". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal October 11, 2017. 
  9. ^ Prudom, Laura (September 7, 2016). "Critics' Choice Awards Reveal Most Exciting New Series Honorees". Variety. Diakses tanggal October 11, 2017. 
  10. ^ "Best Comedy Series - Best of 2016 Awards". IGN. 2016. Diakses tanggal October 11, 2017. 
  11. ^ Lewis, Hilary (December 7, 2017). "AFI Names Top Movies, TV Shows for 2017". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 12, 2017. 
  12. ^ Swift, Andy (January 11, 2018). "Critics' Choice Awards: Big Little Lies, Sterling K. Brown and More TV Winners". TVLine. Diakses tanggal January 12, 2018. 
  13. ^ Beachum, Chris; Montgomery, Daniel; James Dixon, Marcus (July 26, 2017). "2017 Gold Derby TV Awards nominations: 'This is Us,' 'Veep,' 'The Leftovers,' 'Stranger Things' among top contenders". Gold Derby. Diakses tanggal October 11, 2017. 
  14. ^ Naoreen, Nuzhat (January 18, 2017). "People's Choice Awards 2017: Full List Of Winners". People's Choice. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 11, 2018. Diakses tanggal October 11, 2017. 
  15. ^ McNary, Dave (March 2, 2017). "Saturn Awards Nominations 2017: 'Rogue One,' 'Walking Dead' Lead". Variety. Diakses tanggal March 2, 2017. 
  16. ^ Otterson, Joe (June 19, 2017). "'Atlanta,' 'This Is Us,' 'Handmaid's Tale' Lead TCA Awards Nominations". Variety. Diakses tanggal October 11, 2017. 
  17. ^ a b Liptak, Andrew (August 20, 2018). "Here are the winners of the 2018 Hugo Awards". The Verge. Diakses tanggal August 20, 2018. 
  18. ^ "Emmys: Netflix Beats HBO With Most Nominations". The Hollywood Reporter. July 12, 2018. Diakses tanggal July 12, 2018. 
  19. ^ McNary, Dave (March 15, 2018). "'Black Panther,' 'Walking Dead' Rule Saturn Awards Nominations". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 15, 2018. Diakses tanggal March 15, 2018. 
  20. ^ "TCA Awards: The Americans, Killing Eve, The Good Place Among 2018 Winners". TVLine. August 4, 2018. Diakses tanggal August 5, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]