The Dickson Experimental Sound Film

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Dickson Experimental Sound Film
Cuplikan dari versi restorasi The Dickson Experimental Sound Film (1894/95)
SutradaraWilliam Dickson
PemeranWilliam Dickson
Penata musikRobert Planquette
SinematograferWilliam Heise
DistributorThomas A. Edison, Inc.
Tanggal rilis
Durasi≈17 detik
NegaraAmerika Serikat

The Dickson Experimental Sound Film adalah sebuah film garapan William Dickson pada akhir 1894 atau awal 1985. Film tersebut adalah film pertama yang diketahui bersuara rekaman langsung dan tampil sebagai film pertama yang dibuat untuk Kinetofon, sistem proto-film bersuara yang dikembangkan oleh Dickson dan Thomas Edison. (Kinetofon, yang terdiri dari Kinetoskop dan fonograf yang diputar dengan silinder, bukanlah sistem film suara yang sebenarnya, karena tidak ada cara untuk menyatukan gambar dan suara selama pemutaran). Film ini diproduksi di "Black Maria", studio film Edison di New Jersey. Tidak ada bukti bahwa film ini pernah dipamerkan dalam format aslinya.

Pada tahun 2003, Dickson Experimental Sound Film termasuk dalam pemilihan tahunan 25 film yang ditambahkan ke Daftar Film Nasional Perpustakaan Kongres. Dianggap "signifikan secara budaya, sejarah, atau estetika" dan direkomendasikan untuk dilestarikan..[1][2]

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Film ini menampilkan Dickson yang memainkan biola ke dalam klakson rekaman untuk silinder wax di luar kamera.[3] Melodinya berasal dari sebuah barcarolle, "Song of the Cabin Boy", dari Les Cloches de Corneville (secara harfiah berarti Lonceng Corneville; disajikan di negara-negara berbahasa Inggris sebagai Lonceng Normandia), sebuah opera ringan yang karya Robert Planquette pada tahun 1877.[4] Di depan Dickson, dua orang pria menari mengikuti alunan musik. Pada detik-detik terakhir, pria keempat secara cepat menyeberang dari kiri ke kanan di belakang klakson. Waktu tayang film yang dipulihkan adalah tujuh belas detik. Silinder yang menyertainya berisi sekitar dua menit suara, termasuk dua puluh tiga detik musik biola, yang mencakup lagu tema film.

Penemuan kembali[sunting | sunting sumber]

Versi film yang dipulihkan.[5]

Cetakan nitrat 35mm tanpa suara dari film tersebut, yang digambarkan memiliki panjang empat puluh kaki, diakuisisi oleh Museum of Modern Art dan dipindahkan ke film pengaman pada tahun 1942. Thomas A. Edison, Incorporated menyumbangkan Laboratorium Edison kepada Layanan Taman Nasional AS pada tahun 1956. Soundtrack ini diinventarisasi di Situs Bersejarah Nasional Edison pada awal tahun 1960-an ketika sebuah silinder lilin dalam tabung logam berlabel "Dickson-Violin oleh W.K.L. Dixon dengan Kineto" ditemukan di ruang musik laboratorium Edison. Pada tahun 1964, para peneliti membuka tabung tersebut dan menemukan jika silinder tersebut patah menjadi dua. Pada tahun yang sama, semua bahan film nitrat yang tersisa di fasilitas tersebut dipindahkan ke Perpustakaan Kongres untuk dikonservasi. Di antara potongan-potongan film tersebut, terdapat sebuah cetakan yang dikatalogkan oleh Perpustakaan Kongres sebagai Dickson Violin. Menurut Patrick Loughney, kurator film dan TV di perpustakaan tersebut, cetakan ini berukuran tiga puluh sembilan kaki dan empat belas bingkai [dua bingkai kurang dari 40 kaki]."[6]

Hubungan antara film dan silinder tidak dibuat sampai tahun 1998 ketika Loughney dan kurator rekaman suara Edison NHS, Jerry Fabris, mengatur agar silinder tersebut diperbaiki dan isinya dipulihkan di Arsip Rekaman Suara Rodgers dan Hammerstein di New York. Sebuah master antar gulungan baru dibuat, yang memungkinkan reproduksi yang sesuai dengan aslinya pada pita audio digital. Karena perpustakaan tidak dilengkapi untuk menyelaraskan lagu tema yang dipulihkan dengan elemen film, produser dan spesialis restorasi Rick Schmidlin menyarankan agar penyunting film pemenang penghargaan Walter Murch untuk ikut serta dalam proyek ini (keduanya pernah bekerja sama dalam restorasi Touch of Evil karya Orson Welles). Murch diberi potongan film pendek dan dua menit suara yang dipulihkan dari silinder untuk dikerjakan.[7] Dengan mengonversi film secara digital dan menyunting media bersama-sama, Murch menyelaraskan elemen visual dan audio. Industrial Light & Magic juga memiliki peran yang tidak disebutkan dalam restorasi film ini.[8] Versi ini diproyeksikan pada layar 20 di Situs Bersejarah Nasional Edison pada tanggal 1 Juni 2002 sebagai bagian dari Festival Film Black Maria.

Pada silinder, sebelum kamera mulai bergulir, suara seorang pria terdengar mengatakan, "Saya bertanya apakah ini bekerja. Apakah sudah berfungsi? Lanjutkan." Suara tambahan ini disertakan pada versi film yang didistribusikan pada awal tahun 2000-an.[9] Namun demikian, karena syuting belum dimulai ketika kata-kata itu diucapkan, maka hal ini tidak dapat diklaim sebagai kejadian pertama kata yang diucapkan dalam film.

Satu pertanyaan yang masih belum terjawab adalah bagaimana waktu tayang yang hanya lebih dari 17 detik itu diperoleh. Menurut laporan kuratorial, cetakan 35 mm memiliki standar 16 frame per kaki film—39 kaki (12 m) ditambah 14 frame, sehingga totalnya menjadi 638 frame. Murch mendeskripsikan film ini diambil pada 40 frame per detik (fps), sedangkan Loughney mendeskripsikannya sebagai 46 fps. Pada 40 fps, 638 frame akan berjalan 15,95 detik, yang seharusnya merupakan panjang maksimum film yang dipulihkan jika semua laporan lain benar. Seperti yang dicatat Loughney pada 46 fps, film tersebut akan berlangsung selama 13,86 detik. Jika angka yang terakhir ini benar, sebanyak 9 detik film hilang dari kedua cetakan yang masih ada jika seluruh pertunjukan biola difilmkan. Berdasarkan pengujiannya sendiri terhadap delapan belas film Kinetoskop, cendekiawan Gordon Hendricks berpendapat bahwa tidak ada film Kinetoscope yang direkam pada 46 fps, sehingga kecepatan 40 fps yang dilaporkan oleh Murch lebih memungkinkan.[10] Namun, masih ada perbedaan lebih dari satu detik antara potensi waktu berjalan maksimum pada kecepatan tersebut dan durasi film yang sebenarnya seperti yang didigitalkan oleh Murch. Waktu berjalan 17 detik itu menghasilkan kecepatan kamera rata-rata sekitar 37,5 fps, perbedaan yang cukup jauh dari laporan Murch sebelumnya.

Penafsiran[sunting | sunting sumber]

Dalam bukunya yang berjudul The Celluloid Closet (1981), sejarawan film Vito Russo membahas film ini, mengklaim, tanpa atribusi, bahwa film ini berjudul The Gay Brothers.[11] Penamaan film yang tidak didukung oleh Russo ini telah diadopsi secara luas secara online dan setidaknya dalam tiga buku, dan pernyataannya yang tidak berdasar bahwa konten film tersebut adalah homoseksual sering digaungkan.[12] Selain tidak ada bukti untuk judul yang diberikan Russo pada film tersebut, pada kenyataannya, kata "gay" secara umum tidak digunakan sebagai sinonim untuk "homoseksual" pada saat film tersebut dibuat.[13] Juga tidak ada bukti bahwa Dickson bermaksud untuk menampilkan para pria - yang mungkin adalah karyawan studio Edison - sebagai pasangan romantis. Mengingat lirik lagu yang dimainkan Dickson, yang menggambarkan kehidupan di laut tanpa wanita, lebih masuk akal jika ia bermaksud membuat lelucon tentang lingkungan Black Maria yang hampir semuanya laki-laki. Selain itu, di beberapa bidang kehidupan, pada abad ke-19, pria berdansa dengan pria lain tanpa ada kesan homoseksual; "tarian rusa jantan" yang semuanya pria, misalnya, merupakan bagian standar kehidupan di Angkatan Darat AS pada abad ke-19 dan bahkan menjadi bagian dari kurikulum di West Point.[14] Namun, ini bisa dilihat sebagai salah satu contoh awal dari citra sesama jenis di bioskop. Cuplikan dari film ini disertakan dalam film dokumenter yang didasarkan pada buku Russo, yang juga berjudul The Celluloid Closet (1995).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Librarian of Congress Adds 25 Films to National Film Registry". Library of Congress. Diakses tanggal 2020-09-29. 
  2. ^ "Complete National Film Registry Listing". Library of Congress. Diakses tanggal 2020-09-29. 
  3. ^ A few sources, including Dixon (2003, p. 53) and FilmSound.org, suggest that the violinist is or might be Charles D'Almaine, who recorded a number of cylinders for Edison. For a detailed rebuttal of this claim, see Loughney (2001), p. 216. A photograph positively identified as of D'Almaine, available online, also belies the notion that he is the violinist seen in the film. See also Hendricks (1966), p. 122.
  4. ^ See, e.g., UNLV Short Film Archive Diarsipkan 2007-06-27 di Wayback Machine.. Courtesy of Wikipedia editor Franz Jacobs, the following material can be accessed to compare Dickson's performance with a selection from "Song of the Cabin Boy", demonstrating that Dickson plays the vocal part on the violin:

    See Two Hundred Opera Plots, by Gladys Davidson, for a description of the opera. Ion Martea, in his May 19, 2006, essay on the film Diarsipkan 2016-03-03 di Wayback Machine. for the Culture Wars website, claims erroneously that the music Dickson plays is "an excerpt from Pietro Mascagni's Cavalleria rusticana."

  5. ^ "Berkas:DicksonFilm High.ogv - Wikimedia Commons". 
  6. ^ Loughney (2001), p. 217.
  7. ^ Loughney (2001) describes the sound as "nearly two minutes long" (p. 217). Murch, in his brief 2000 note, calls it "a couple of minutes long"; in his 2004 interview he says "two and a half minutes long."
  8. ^ "Dickson Experimental Sound Film". 
  9. ^ UNLV Short Film Archive Diarsipkan 2007-06-27 di Wayback Machine.
  10. ^ Hendricks (1966), pp. 6–8.
  11. ^ Russo (1987), pp. 6–7. For rebuttal of Russo's claim, see, e.g., Dixon (2003), p. 53; Justin DeFreitas, "Moving Pictures: Documentary Puts Modern Gay Cinema in Context", Berkeley Daily Planet, July 7, 2006 (available online).
  12. ^ See Movies of the 90s, ed. Juergen Mueller (Bonn: Taschen, 2001), p. 147. See also Larry P. Gross, Up from Invisibility: Lesbians, Gay Men, and the Media in America (New York: Columbia University Press, 2001), p. 57. Gross also erroneously calls it a "five-minute avant-garde film" and describes the men as dancing to music "played on an Edison gramophone", though he does properly state that "we don't know what Dickson intended this light-hearted scene to suggest" (ibid.). The passage is adapted from a section introduction written by Gross for The Columbia Reader on Lesbians & Gay Men in Media, Society, and Politics, ed. Larry P. Gross and James D. Woods (New York: Columbia University Press, 1999), p. 291.
  13. ^ A particularly relevant example of the way the word "gay" was actually used is provided by a later Edison Manufacturing Company film, directed by Edwin S. Porter. As described by scholar Linda Williams, The Gay Shoe Clerk (1903)

    is composed of a static long shot.... A clerk is tidying up when two women enter. The younger woman seats herself before the clerk as the older woman's attention wanders. When the clerk begins to try a shoe on the young woman, the master long shot is replaced by an "insert" close-up of her foot and ankle showing the clerk's hands fondling the foot. As the shot continues the woman's full-length skirt rises, and the audience gets a good view of her stockinged calf. Returning to the original long shot, we see the rest of the action: the clerk, apparently aroused by the sight and touch of her calf, kisses the young woman; the older woman finally notices and begins beating him on the head with her umbrella.

    Linda Williams, Hard Core: Power, Pleasure, and the "Frenzy of the Visible", exp. ed. (Berkeley, Los Angeles, and London: University of California Press, 1999), pp. 65–66.

  14. ^ See John C. Waugh, The Class of 1846: From West Point to Appomattox—Stonewall Jackson, George McClellan and Their Brothers" (Ballantine Books: 1994), pp. 19, 131, 138.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Diterbitkan[sunting | sunting sumber]

  • Dixon, Wheeler Winston (2003). Straight: Constructions of Heterosexuality in the Cinema (Albany: State University of New York Press, 2003). ISBN 0-7914-5623-4
  • Hendricks, Gordon (1966). The Kinetoscope: America's First Commercially Successful Motion Picture Exhibitor. New York: Theodore Gaus' Sons. Reprinted in Hendricks, Gordon (1972). Origins of the American Film. New York: Arno Press/New York Times. ISBN 0-405-03919-0
  • Loughney, Patrick (2001). “Domitor Witnesses the First Complete Public Presentation of The Dickson Experimental Sound Film in the Twentieth Century,” in The Sounds of Early Cinema, ed. Richard Abel and Rick Altman (Bloomington: Indiana University Press), 215–219. ISBN 0-253-33988-X
  • Russo, Vito (1987). The Celluloid Closet: Homosexuality in the Movies, rev. ed. (New York: Harper & Row). ISBN 0-06-096132-5

Maya[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]