The Curious Incident of the Dog in the Night-Time

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran
PengarangMark Haddon
NegaraBritania Raya
BahasaInggris dan 36 bahasa lainnya[1]
GenreFiksi misteri
PenerbitJonathan Cape (UK)
Doubleday (AS)
Anchor Canada (Kanada)
Tanggal terbit
1 Mei 2003
Jenis mediaPrint (hardback and paperback)
Halaman274
ISBNISBN 0-09-945025-9
OCLC59267481

Insiden Anjing di Tengah Malam yang Bikin Penasaran adalah sebuah novel misteri karangan Mark Haddon. Bercerita tentang Christopher John Francis Boone, seorang anak laki-laki berusia 15 tahun yang digambarkan sebagai "ahli matematika dengan beberapa kesulitan perilaku" yang tinggal di Swindon, Wilshire. Meskipun kondisi Christopher tidak disebutkan, ringkasan buku mengacu pada sindrom Asperger (yang saat ini akan digambarkan sebagai gangguan spektrum autisme), autisme yang berfungsi tinggi, atau sindrom savant. Judulnya mengacu pada pengamatan detektif fiksi Sherlock Holmes (diciptakan oleh Arthur Conan Doyle) dalam cerita pendek The Adventure of Silver Blaze.[2]

Alur[sunting | sunting sumber]

Christopher John Francis Boone adalah seorang anak laki-laki berusia lima belas tahun yang disiratkan berada dalam kondisi spektrum autisme, yang tinggal bersama ayahnya, Ed. Ia menjelaskan dalam narasinya bahwa ibunya, Judy, meninggal dua tahun lalu. Anak laki-laki tersebut menemukan mayat anjing tetangganya, Wellington, yang ditusuk oleh garpu taman.

Adaptasi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Hak cipta film untuk novel tersebut dibeli oleh Brad Gray dan Brad Pitt untuk Warner Bersaudara.[3][4] Pada 2011 Steve Kloves dipilh untuk menulis dan mengarahkan proyek tersebut, tetapi Templat:Per proyek tersebut belum diproduksi.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Curious Incident of the Dog in the Night-Time". Worldcat. Diakses tanggal 11 April 2020. 
  2. ^ Ezard, John (13 November 2003). "Curious incident of writer's literary hat trick: Whitbread list means Haddon could be three time winner". The Guardian. London: Guardian News and Media. Diakses tanggal 21 April 2013. 
  3. ^ Thompson, Bill (26 June 2003). "Actress shows off her knack for comedy". The Post and Courier. Charleston, South Carolina. 
  4. ^ Connelly, Brendon (24 April 2011). "Wonderful Novel The Curious Incident of the Dog in the Night Time Being Adapted into a Film by Harry Potter Writer". Bleeding Cool. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-15. Diakses tanggal 29 March 2013. 
  5. ^ The Curious Incident of the Dog in the Night Time di IMDb (dalam bahasa Inggris)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]