The Butterfly Effect

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Butterfly Effect
The Butterfly Effect poster.jpg
Poster peresmian teater
Sutradara Eric Bress
J. Mackye Gruber
Produser Ashton Kutcher
Anthony Rhulen
Chris Bender
J.C. Spink
A.J. Dix
Toby Emmerich
Penulis Eric Bress
J. Mackye Gruber
Pemeran Ashton Kutcher
Melora Walters
Amy Smart
Elden Henson
William Lee Scott
John Patrick Amedori
Irene Gorovaia
Kevin G. Schmidt
Jesse James
Logan Lerman
Sarah Widdows
Jake Kaese
Cameron Bright
Eric Stoltz
Callum Keith Rennie
Lorena Gale
Ethan Suplee
Camille Sullivan
Tara Wilson
Jesse Hutch
Musik Michael Suby
Sinematografi Matthew F. Leonetti
Penyunting Peter Amundson
Distributor New Line Cinema
Tanggal rilis 23 Januari, 2004
Durasi Potongan teater
113 menit.
Potongan Sutradara
120 menit.
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $13 juta
Pendapatan kotor $57,650,876
Diikuti oleh The Butterfly Effect 2 (2006)

The Butterfly Effect adalah sebuah film fiksi ilmiah Amerika Serikat pada 2004 yang dibintangi oleh Ashton Kutcher, Amy Smart, Eric Stoltz dan lain-lain. Film ini disutradarai dan ditulis oleh Eric Bress dan J. Mackye Gruber.

Film ini menggambarkan teori chaos, terutama yang menyangkut cuaca, yang mengusulkan bahwa kepakan sayap kupu-kupu di Brasil dapat secara teoritis menyebabkan tornado di Texas beberapa bulan kemudian; lihat efek kupu-kupu. Judul ini juga bersifat metaforis untuk penampilan pemeriksaan otak yang menyerupai kupu-kupu.

Semboyan: "Ubah satu hal, ubah semuanya" ("Change one thing, change everything").

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Seniman.SKom, sejak kecil kadang-kadang terserang penyakit hilang ingatan. Dia kadang-kadang tidak ingat apa yang terjadi. Ibunya yang khawatir, karena Evan menunjukkan perilaku yang tidak normal di sekolah, membawanya ke psikiater. Ia khawatir Evan ‘mewarisi’ kegilaan ayahnya (yang dirawat di rumah sakit jiwa). Ternyata tidak ditemukan hal yang aneh pada fisik Evan. Oleh psikiaternya, Evan disuruh menulis buku harian supaya dia tidak melupakan hal-hal yang terjadi. Maka sejak itu Evan mulai menulis buku hariannya. Enam tahun berlalu, Evan yang menginjak remaja bersahabat karib dengan Tommy, Kayleigh (adik Tommy) dan Lenny. Suatu hari mereka bermaksud membuat ‘ledakan’ yang ternyata berakibat fatal bagi persahabatan mereka.

Tujuh tahun kemudian, Evan yang sudah memasuki bangku kuliah, membaca lagi buku harian yang pernah ditulisnya dulu. Selama 7 tahun belakangan ini, ia sudah tidak lagi mengalami hilang ingatan seperti dulu. Kemudian dia melihat masih banyak halaman-halaman kosong di buku hariannya, yang tidak bisa diingat. Maka ia kembali ke kampung halamannya untuk bertanya kepada sahabatnya dulu. Tapi ternyata tidak ada yang mau mengungkit hal tersebut, bahkan Kayleigh lantas bunuh diri setelah bertemu dengannya.

Kemudian Evan pun menyadari bahwa lewat buku hariannya, ia bisa kembali menjadi Evan muda dan mengubah apa yang ia rasa perlu diubah. Hasilnya, ia tidak hanya mengubah hidupnya, tapi juga hidup ketiga sahabatnya, dan ibunya sendiri. Namun apapun yang ia ubah, ternyata bukan kebahagiaan yang diperolehnya. Justru ia semakin frustasi dengan keadaan. Sampai pada puncaknya, ia harus mengambil keputusan, manakah yang benar-benar akan ia ubah, untuk mengembalikan kehidupannya, kekasih, sahabat dan keluarganya.

Persamaan[sunting | sunting sumber]

Beberapa kritik, termasuk dari aktor Ashton Kutcher sendiri menyatakan bahwa film ini adalah kombinasi dari dua film klasik: Back to the Future (mengenai perjalanan waktu) dan Jacob's Ladder (pikiran vs. realitas).

Film ini berada di antara beberapa film lain yang sama dan juga terkenal: The Matrix, Fight Club, Donnie Darko, Final Destination, Groundhog Day, American Beauty, Minority Report, dengan manifesto eksistensialisme.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]