Tetilla

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tetilla
Queso tetilla-Mercado.jpg
Negara asal Spanyol
Wilayah Galicia
Sumber susu Sapi
Dipasteurisasi Ya
Tekstur Semi-keras
Kadar lemak 45%
Waktu pematangan Minimal 1 minggu
Sertifikasi Tidak[1]

Tetilla adalah keju dari Spanyol yang berbentuk kerucut dengan lengkungan ke atas dan dibuat dengan menggunakan susu sapi yang dipasteurisasi.[1] Keju ini berasal dari daerah Galicia di barat laut Spanyol.[1] Susu yang digunakan untuk membuat keju ini merupakan susu dari sapi Rubia Gallega dan sapi Frisona.[1] Susu tersebut diasamkan dengan menggunakan rennet alami ataupun buatan.[1] Dadih kemudian ditekan dan diberikan garam untuk menambah rasa.[1] Waktu pematangan dari keju ini minimal satu minggu dan dapat berlangsung hingga beberapa bulan.[1] Rasa dari keju Tetilla segar seperti rasa lemon dan terdapat sedikit rasa rumput hijau.[2] Keju ini secara tradisional dikonsumsi bersama dengan roti dan minuman anggur.[1] Karena dapat meleleh dengan baik maka keju Tetilla cocok untuk dipanggang bahkan untuk digoreng.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8.  Page 286-287.
  2. ^ (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 100.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]