Tepekong jambul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Tepekong jambul
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Apodiformes
Famili: Hemiprocnidae
Genus: Hemiprocne
Spesies: H. longipennis
Nama binomial
Hemiprocne longipennis
(Rafinesque, 1802)


Tepekong jambul (bahasa Latin = Hemiprocne longipennis) adalah spesies burung dari keluarga Hemiprocnidae, dari genus Hemiprocne. Burung ini memiliki habitat di hutan, hutan terbuka dengan pohon tinggi. tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Tepekong jambul memiliki tubuh berukuran agak besar (20 cm). Burung layang-layang petengger. Ekor dan sayap sangat panjang. Terdapat bercak abu pada bulu tersier. Pipi coklat berangan (Jantan) atau hijau (betina). Jambul pendek pada mahkota depan. Mahkota, tengkuk, punggung, dan penutup sayap abu kehijauan mengkilap. Tunggir abu-abu. Sayap dan ekor hitam. Tenggorokan, dada, dan sisi tubuh abu-abu. Perut dan penutup ekor bawah putih.

Burung remaja: coklat, bersisik, dan berbintik putih. Iris coklat gelap, paruh dan kaki hitam. Bertengger di pohon, terbang menukik mengejar seranga. Terbang seperti Kekep atau Kirik-kirik.

Sarang berbentuk cawan kecil dari lumut, bulu yang dicampur air liur, direkatkan pada ranting tanpa daun. Telur berwarna putih, jumlah 1 butir. Berbiak bulan Desember-Agustus.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

  • Semenanjung Malaysia.
  • Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi.

Referensi[sunting | sunting sumber]