Teluk Kendari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Suasana Teluk Kendari

Teluk Kendari atau lebih dikenal dengan Kendari Beach oleh masyarakat setempat merupakan teluk yang berada di tengah-tengah kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Di teluk Kendari terdapat beragam area untuk publik. Teluk ini berbatasan dengan kecamatan Kendari Barat, Mandonga, Poasia, dan Abeli.

Suasana Teluk Kendari di malam hari
Masjid Al Alam dibangun di Teluk Kendari

Menjorok agak ke tengah teluk ini, terdapat bangunan Masjid Al Alam yang dibangun pada 2010 saat masa gubernur Nur Alam memerintah di Sulawesi Tenggara. Di sisi timur teluk terdapat Jembatan Teluk Kendari yang menghubungkan wilayah utara dan selatan kota ini.

Teluk Kendari posisinya cukup unik, karena membentang di tengah-tengah kota. Pemerintahan Kota Kendari berupaya menjadikan teluk ini sebagai tempat wisata bahari yang menarik di Kota Kendari dengan menjalin investor dari pihak swasta.[1]

Teluk ini tidak dipisahkan dengan sejarah perdagangan masa lampau karena dulu menjadi persinggahan para pedagang dari nusantara dan bangsa Eropa (Portugis, Inggris, dan Belanda).[2][3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ kadek (ed.). "Teluk Kendari Jadi Wisata Andalan Kendari". Kompas.com. Diakses tanggal 2020-01-15. 
  2. ^ "Kota Kendari". Tribunnewswiki.com. Diakses tanggal 2020-01-16. 
  3. ^ "Romansa "Mai Tora" Saksi Sejarah Perkembangan Kendari Beach". Suarakendari.com. 2021-12-24. Diakses tanggal 2022-08-15.