Telap, Eris, Minahasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Telap
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Sulawesi Utara
Kabupaten Minahasa
Kecamatan Eris
Kodepos 95683
Luas 6,71 km2
Jumlah penduduk 1.126 jiwa
Kepadatan -

Telap adalah sebuah nama desa di wilayah kecamatan Eris, kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. |kode pos =95683

Batas:

  • Utara berbatasan dengan desa Watumea
  • Timur berbatasan dengan desa Watulaney dan Kecamatan Lembean Timur
  • Selatan berbatasan dengan desa Lumembet Kecamatan Kakas.

Di desa ini terdapat berbagai peninggalan sejarah, seperti Bukit Wengkang Gerungan, Batu Pinatik (Batu gambar), yang terdapat di dalam sungai. Sungai tersebut mengalir dan gambar manusia seperti di ukir tergambar di dalamnya. Sungai ini mengalir dari Blok (welok) sampai ke desa Watulaney yang berbatasan dengan pantai. Ada pula waruga, tumampas, tongkeina (tanjung). Beberapa lokasi perkebunan di desa ini antara lain: Tibarungan, Werot, Waris, Sedangan, Talikuran, Welok, Kopi, Galangan, Kekemesan, Pala, Lebean, Pinapatan.

Hasil utama dari desa ini adalah pertanian dan perikanan air tawar hal tersebut ditunjang dengan keberadaan desa ini menyusuri bentangan danau tondano. Pertanian antara lain cengkeh, coklat, bawang merah, cabai, jagung. Sedangkan pada sektor perikanan, antara lain ikan nila, mujair, ikan mas.

Daerah tujuan pertukaran hasil pertanian dan perikanan adalah Tondano, Langowan, Manado, Bitung dan Kotamobagu. Seluruh desa di daerah pinggiran Danau Tondano khususnya desa Telap akan menunjang pendapatan daerah, bila saja infrastruktur (jalan kebun), dapat dibangun dengan aggaran pemerintah.

Banyak dari penduduk desa ini merantau ke berbagai daerah di Indonesia termasuk Ibukota Negara DKI Jakarta dan juga di beberapa Negara dibelahan dunia ini. Umumnya mempunyai keinginan mendorong kesejahteraan dari desa Telap baik yang ditunjukan dari segi materi melalui sumbangan maupun dari segi budaya atau culture desa tersebut yang masih tetap terjaga sampai sekarang.

Marga yang ada di desa ini adalah: Lumingkewas, Lambey,Rumayar, Tinangon, Tengker, Sagay, Wensen, Lowing, Tumbel, Kapugu, Kiroyan, Pandelaki, Karisoh, Polii, Kindangen, Kaloh, Samboh, Mailangkay, Mowilos, Sarapun, Soputan, Lompoliu, Suling, Watulingas, Korua, Tendean, Puso, Maindoka, Mogontha, Tampi, Sumual, Paloon, Tambariki, Worang, Malonda, Rombot, Koroh, Kolengen, Tangkulung , Pratasik, Wantalangi,Paloon, Kalengkongan, Mamengko, Lumatauw, Warouw, Gerungan, Tajudin, Kerap ,Sigar , Wongkar ,Rombot ,Surentu , Worang, Kindangen,