Tatakan meja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tatakan meja adalah tatakan atau bantalan yang digunakan sebagai tatakan benda-benda tertentu secara terpisah atau pengaturan meja. Tatakan meja tidaklah seperti taplak meja yang lebih besar yang menutupi seluruh permukaan. Tatakan meja terbuat dari berbagai bahan, tergantung tujuannya: untuk melindungi, mendekorasi, menghibur, atau mengiklankan. Bahan dan metode produksi berkisar dari produksi massal dan komersial, hingga lokal dan tradisional.

Dua tatakan meja yang terbuat dari bahan yang berlainan jenis.

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Fungsi utamanya adalah melindungi meja makan dari bekas air, noda makanan, atau kerusakan akibat panas. Tatakan meja juga berfungsi sebagai hiasan , terutama tatakan meja yang terbuat dari renda atau sutra . Di restoran, mereka dapat digunakan untuk mengiklankan item menu, spesial, bisnis lokal atau permainan untuk anak-anak. Jika tatakan mejanya terbuat dari kapas, itu dapat menyerap air dan cairan lain, seperti minuman yang tumpah.

Tatakan meja kelas atas – terbuat dari vinil atau kulit – digunakan oleh hotel dan organisasi untuk rapat karena menyediakan permukaan tulis, dan memberikan area untuk bersandar dengan nyaman dan meletakkan objek di atas meja dengan kebisingan minimal selama rapat.

Pendapat kontemporer tentang kegunaan tatakam beragam. Alas piring kain biasanya dianggap tidak perlu dan membutuhkan perawatan yang berlebihan - dibandingkan dengan permukaan meja (yang dapat dengan mudah dibersihkan), tatakan meja yang bernoda harus dicuci dan dikeringkan sebelum dapat digunakan kembali. Selain itu, tatakan meja plastik menuai kritik karena alasan lingkungan.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Saferchemicals.org