Tata Dado

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tata Dado
Tatadado.jpg
Nama lahir Safei Salifan Dado
Nama lain Tata Dado
Lahir 12 Juni 1965
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Meninggal 18 Maret 2013 (umur 47)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Pekerjaan Komedian, presenter
Tahun aktif 19902011

Safei Salifan Dado atau Tata Dado (lahir 12 Juni 1965 – meninggal 18 Maret 2013 pada umur 47 tahun) adalah seorang presenter dan komedian Indonesia yang dikenal karena gaya komedinya yang kerap berperan sebagai perempuan saat tampil. Tata mengawali kariernya di industri hiburan Indonesia pada tahun 1991 melalui acara komedi Lenong Rumpi. Tata juga mendirikan sebuah grup komedi bernama The Silver Boys. Selain komedian, Tata juga dikenal sebagai presenter dan ikut membintangi beberapa judul film.

Karier[sunting | sunting sumber]

Tata Dado pertama kali dikenal publik lewat acara komedi Lenong Rumpi di awal 1990-an. Tapi karier komedi Tata sebetulnya tak dimulai dari situ. Tata sudah memiliki grup lawak sendiri bernama The Silver Boys sebelum bergabung dengan Lenong Rumpi. Grup lawak itu terdiri dari teman-teman SMA-nya. Mereka sudah sering mengadakan show di klub malam dan hotel-hotel. Kekhasan lawakan Tata dan kelompoknya ini adalah semua pemain prianya berperan sebagai perempuan. Ada yang memerankan Madonna, Marilyn Monroe, dan lain-lain. Kemudian, Harry de Fretes, penggagas Lenong Rumpi, melihat permainan grup lawak Tata. Langsung saja Harry mengajak Tata bergabung. Tata mulai bergabung dengan Lenong Rumpi sejak 1991, dengan berperan sebagai seorang perempuan kelas bawah bernama Marlena. Gaya Tata dengan selendang bulu-bulu dan wig Marilyn Monroe disertai dengan gaya komedinya yang khas dalam pakaian dan dandanan perempuan dengan sesekali memunculkan suara lelakinya sudah menjadi ciri khasnya. Hingga Lenong Rumpi tamat, Tata konsisten dengan gaya melawaknya ini.[1]

Kematian[sunting | sunting sumber]

Sejak 2011, Tata terserang stroke akibat komplikasi diabetes yang dideritanya. Tata meninggal dunia di usia 47 tahun pada hari Senin, 18 Maret 2013[2][3][4]. Jenasahnya dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Pejompongan, Jakarta Pusat.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Acara televisi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]