Tarekat Karitas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lambang Tarekat Karitas

Tarekat Karitas (dalam bahasa Latin: Institutum Charitatis) yang anggotanya juga disebut Rosminian adalah tarekat keagamaan di bawah Takhta Suci.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kongregasi ini didirikan pada tanggal 20 Februari 1828 di Suaka Sacro Monte Calvario di Domodossola oleh imam dan filsuf Italia Antonius Rossini-Serbati (1797-1855). Pada tahun 1835, atas saran Carlo Alberto dari Sardinia, Paus Gregorius XVI mempercayakan mereka dengan Sacra di San Michele dan menyetujui tarekat tersebut pada tanggal 20 September 1839. Sebuah perguruan tinggi didirikan pada tahun 1839 untuk anak laki-laki di Stresa[1] dan satu lagi untuk orang tua di Domodossola pada tahun 1873. Rosmini mendirikan sebuah rumah di Trento serta di Rovereto pada tahun 1835 dan Verona pada tahun 1849, tetapi mereka ditutup oleh pemerintah Austria setelah beberapa tahun. Pada tahun 1906, Rosminian menerima tugas dari Basilika San Carlo al Corso di Roma di mana mereka masih berada.

Aktivitas[sunting | sunting sumber]

Tarekat Karitas didedikasikan untuk merawat paroki dan menghidupkan pusat-pusat spiritual, pengajaran dan misi. Mereka hadir di: Italia, Amerika Serikat, India, Irlandia, Selandia Baru, Inggris (dengan Ratcliffe College yang terkenal di Inggris), Tanzania, Venezuela.

Lembaga ini diatur oleh rektor jenderal yang dipilih oleh anggota terpilih. Dia memiliki kekuatan penuh kecuali untuk beberapa kasus luar biasa. Lembaga ini dibagi menjadi provinsi[2].

Daftar anggota[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pollard, William Henry. "Rosminians." The Catholic Encyclopedia Vol. 13. New York: Robert Appleton Company, 1912. 28 June 2019 Artikel ini memuat teks dari sumber tersebut, yang berada dalam ranah publik.
  2. ^ "Provinces", Istituto della Carità

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

 Artikel ini memuat teks dari suatu penerbitan yang sekarang berada dalam ranah publikHerbermann, Charles, ed. (1913). "Rosminians". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton.