Tanda lebih besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
>
Tanda lebih besar daripada
Dalam UnicodeU+003E > greater-than sign (HTML: > >)
Related
Lihat pulaU+2265 greater-than or equal to

U+2A7E greater-than or slanted equal to

U+226F not greater-than
U+226B much greater-than
Berbeda dengan
Berbeda denganU+232A right-pointing angle bracket

Lebih besar adalah tanda atau simbol yang terbentuk oleh dua garis yang sama panjang yang menghubungkan di suatu sudut yang lancip di sebelah kanan. Tanda ini ditulis sebagai >. Dalam matematika, tanda lebih besar melambangkan sebuah pertidaksamaan di antara dua buah nilai.

Pemakaian tanda lebih besar ini sebenarnya sudah ditemukan dalam karya-karya yang diterbitkan di tahun 1631.[1] Tanda lebih besar dalam penulisan matematika biasanya diletakkan di antara dua buah nilai, yang digunakan untuk membandingkan serta menyatakan bahwa bilangan pertama lebih besar daripada bilangan kedua; sebagai contoh, .

Semenjak adanya pengembangan bahasa pemrograman di dunia komputer, tanda lebih besar (maupun tanda lebih kecil) sudah memiliki pemakaian yang berbeda.

Asal-usul[sunting | sunting sumber]

Pemakaian tanda < dan > untuk pertama kalinya ditemukan dalam karya Thomas Harriot yang berjudul Artis Analyticae Praxis ad Aequationes Algebraicas Resolvendas, yang diterbitkan setelah kematiannya di tahun 1631.[1] Di dalam karya tersebut, tertulis bahwa "tanda mayor a > b mengartikan bahwa a lebih besar daripada b"[a] dan "tanda minor a < b mengartikan bahwa a lebih kecil daripada b."[b]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Teks dalam bahasa aslinya: "Signum majoritatis ut a > b significet a majorem quam b."
  2. ^ Teks dalam bahasa aslinya: "Signum minoritatis ut a < b significet a minorem quam b."

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Smith, Charles L. (1964). "On the origin of ">" and "<"". The Mathematics Teacher. 57 (7): 479–481. doi:10.5951/MT.57.7.0479. ISSN 0025-5769. JSTOR 27957118.