Tanah Us

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kerajaan kuno Edom, terkadang diidentifikasikan sebagai Us

Tanah Us (Ibrani: אֶרֶץ־עוּץ – ʾereṣ-ʿŪṣ) adalah sebuah tempat yang disebutkan dalam Perjanjian Lama, terutama Kitab Ayub, yang dimulai dengan kalimat, "Ada seorang laki-laki di tanah Us bernama Ayub".[1] Konsensus cendekiawan tak mengidentifikasikan negara sebenarnya yang diidentikan dengan Us.

Menurut Gulungan Perang, salah satu Gulungan Laut Mati, tanah Us berada di luar Efrat, mungkin memiliki hubungan dengan Aram.

Us terkadang diidentifikasikan dengan kerajaan Edom, yang berada di sekitaran wilayah modern barat daya Yordania dan selatan Israel.[2] Ratapan 4:21 menyatakan "Bergembira dan bersukacitalah, hai puteri Edom, engkau yang mendiami tanah Us". Lokasi lain yang dikaitkan dengan Us meliputi selatan Arabia, khususnya Dhofar, yang dikatakan merupakan kampung halaman bangsa Arab;[3] Bashan di selatan Suriah/barat Yordania; timur Arabia dari Petra, Yordania;[4] dan bahkan Uzbekistan.

Nama Us disebutkan beberapa kali dalam Alkitab. Dalam Kitab Kejadian, Us adalah putra dari Aram, seorang keturunan langsung dari Sem.[5] Dalam Kejadian 36:28 dan 1 Tawarikh 1:42, Us adalah putra Disan, dan dalam 1 Tawarikh 1:17, Us adalah putra Sem.

Di Israel pada abad ke-20, saat The Wizard of Oz diterjemahkan ke dalam bahasa Ibrani, para penerjemah memakai kata Land of Uz untuk bagian Land of Oz dari buku tersebut. Sehingga, bagi para pembaca Ibrani modern, "Tanah Us" dianggap sebagai pengartian baru yang tak ada hubungannya dengan istilah Alkitab tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ayub 1:1
  2. ^ "The Land of Uz" WebBible Encyclopedia
  3. ^ G. Wyman Bury. The Land of Uz. (1911 (original), 1998 reprint)
  4. ^ "Where Was Uz?" Diarsipkan 2017-07-06 di Wayback Machine. by Wayne Blank, Daily Bible Study
  5. ^ Kejadian 10:23