Taman Nasional Grand Canyon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

36°17′21″LU 112°37′24″BB / 36,289038°LU 112,623321°BB / 36.289038; -112.623321

Taman Nasional Grand Canyon
Grand Canyon National Park, North Rim in Arizona.jpg
Situs Warisan Dunia UNESCO
Negara  Amerika Serikat
Tipe Alam
Kriteria vii, viii, ix, x
Nomor identifikasi 75
Kawasan UNESCO Eropa dan Amerika Utara
Tahun pengukuhan 1979 (sesi ke-3)

Taman Nasional Grand Canyon adalah sebuah Taman Nasional yang terletak di utara Arizona, Amerika serikat, Taman Nasional ini merupakan Taman Nasional pertama di Amerika Serikat.

Taman Nasional ini diresmikan pada tanggal 26 Februari1919,yang dimana Presiden Amerika Serikat yang ke-26 , yaitu Theodore Roosevelt yang menetapkannya dan meresmikannya, bahkan dialah yang menginginkan Grand Canyon menjadi milik bangsa dan mempertahankan keindahannya, sehingga menghindari kepemilikan pribadi dari tempat ini, dan akhirnya menetapkannya sebagai Taman Nasional, di tempat ini terdapat kelompok Jurang tebing-terjal panjangnya kira-kira 446 km, dengan lebar mulai dari 6 km sampai 29 km dan dengan kedalaman lebih dari 1.600 m. Orang kulit putih pertama yang melihatnya adalah García López de Cárdenas dari Spanyol pada tahun 1540. Sebenarnya wilayah ini telah ditinggali oleh Penduduk Asli Amerika, yaitu, suku Indian yang membangun tempat tinggal di dinding ngarai jauh sebelum García López melihatnya.

Pada tahun 1979, Taman Nasional Grand Canyon ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Terbentuknya ngarai[sunting | sunting sumber]

Grand Canyon pada musim dingin

Banyak ahli yang membuat teori pembentukan Grand Canyon. Salah satu teori kemunculan Grand Canyon yang banyak diyakini adalah bahwa ketika Lempeng Pasifik dan Lempengan Benua Amerika Utara bertumbukan maka terciptalah rangkaian pegunungan purba yang sangat besar dan tinggi.

Saat terjadi perubahan iklim ekstrim sekitar 1,7 Milyar tahun lalu, air laut naik ke permukaan bumi, semuanya tenggelam termasuk pegunungan purba itu. Kehidupan di atas gunung yang tenggelam pun berubah. Bagian atas pegunungan ditutupi pasir laut dan secara otomatis hewan-hewan laut pun hidup di atas pasir yang menutupi pegunungan itu.

Namun saat air laut surut, pegunungan pun muncul kembali di permukaan. Endapan pasir dan hewan lautnya tetap berada di atasnya. Lama-lama hewan-hewan laut seperti brachiopoda, koral, moluska, lili laut, atau cacing laut menjadi fosil di lapisan teratas. Grand Canyon.

Aktivitas lempeng bumi pada saat perubahan iklim ekstrim itu juga mengakibatkan terangkatnya dataran tinggi Colorado setinggi 3 mil dari permukaan laut. Sungai Colorado selama jutaan tahun mengukir dataran tinggi Colorado hingga sangat dalam, sepanjang 446 km kawasan Grand Canyon.

Dalam perjalanan menuju Samudera, sungai ini mengikis dinding tebing-tebing Grand Canyon. Hasil kikisannya banyak sekali. Sekitar setengah juta ton air dialirkan Sungai Colorado ke Samudera Pasifik setiap harinya, Hasil penelitian terbaru menyatakan bahwa bebatuan paling tua di dasar Grand Canyon berumur hampir 2 milyar tahun. Sedangkan ngarai itu terbentuk dari erosi yang diperkirakan terjadi pada 5 juta atau 6 juta tahun yang lalu.

Menurut ahli geologi meski pun bebatuan dinding Grand Canyon berumur sangat tua, namun Ngarai Grand Canyon itu secara geologi tergolong berumur sangat muda.

Tempat wisata[sunting | sunting sumber]

Arizona is located in Amerika Serikat
Arizona
Lokasi Taman Nasional Grand Canyon di Amerika Serikat

Disebut juga “Red Rock Country”. Tempat ini terkenal dan menjadi salah satu primadona wisata di Amerika Serikat. Berada di antara Coconico dan Yavapai, yang masuk dalam wilayah Negara Bagian Arizona. Keunikan dan kecantikan tempat ini karena Ngarai ini semua berwarna oranye kemerahan dengan bentuk yang beragam. Sungguh sangat mempesona memandang kesekeliling Ngarai ini.

Lebih dari 5 juta pengunjung melakukan perjalanan ke Grand Canyon untuk merasakan sensasi dan ketegangan menikmati salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Grand canyon merupakan wujud kekaguman dan keindahan yang akan mampu membuat orang terinspirasi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]