Takanori Nishikawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Takanori Nishikawa
T.M. Revolution @ Kinokuniya Bookstore NYC - 2008 - 10 (cropped).jpg
Nishikawa at Kinokuniya Bookstore New York City, in April 2008
Latar belakang
Nama lahir 西川 貴教 (Nishikawa Takanori)
Nama lain TMR, Taka, Turbo, Haine
Lahir 19 September 1970 (umur 44)
Yasu, Shiga, Japan
Genre Electronic rock, synthpop, industrial rock, dance rock, alternative dance, post-punk, pop rock
Pekerjaan Musician, record producer, actor, voice actor
Instrumen Vocals, guitar
Tahun aktif 1989–present
Perusahaan rekaman Antinos, Epic
Tofu
Artis terkait Luis-Mary, the end of genesis T.M.R.evolution turbo type D, abingdon boys school
Situs web TM-Revolution.com

Takanori Nishikawa (西川 贵 教 Nishikawa Takanori, lahir di Yasu, Prefektur Shiga, Jepang, September 19, 1970) adalah penyanyi dan aktor asal Jepang. Ia menggunakan nama panggung T.M.Revolution (TMR), yang berarti "Takanori Makes Revolution" (貴 教 が 革命 を 起こす Takanori ga kakumei o okosu), meskipun nama tersebut juga yang berasal dari band pop elektronik tahun 1980-an yang terkenal, TM Network. Meskipun sebagian besar lagu yang ditulis oleh Akio Inoue dan terdiri / disusun oleh Daisuke Asakura (juga mantan produser TMR), T.M.Revolution dianggap proyek solo Nishikawa. Nishikawa juga dikenal karena kontribusinya untuk lagu tema dalam seri-seri anime dan game terkenal.

Nishikawa mengawali debut sebagai TMR dengan merilis single pertamanya "Dokusai (Monopolize)" (独裁-monopolize-) pada bulan Mei 1996. Tak lama kemudian, single ketiganya "Heart of Sword (Yoake Mae)" (HEART OF SWORD ~夜明け前~) digunakan sebagai lagu ending ketiga untuk serial anime Rurouni Kenshin, memperluas basis penggemarnya. Dia juga memberikan kontribusi enam lagu ke franchise Mobile Suit Gundam SEED - tiga untuk Gundam SEED dan Gundam SEED tiga untuk Destiny. Nishikawa pernah menjadi bintang tamu sebagai karakter kecil di masing-masing serial anime yang menampilkan lagu-lagu nya. Pada tahun 2010, singlenya "Save the One, Save the All" digunakan sebagai lagu tema penutup untuk film Bleach: The Hell verse.

T.M.Revolution adalah artis pertama yang menandatangani kontrak dengan Tofu Records, sebuah label rekaman (berafiliasi dengan Sony Music Jepang) yang mempromosikan artis j-pop di Amerika Utara. Tofu merilis tiga album studionya yang paling baru: coordinate (2003), Seventh Heaven (2004), dan vertical infinity (2005). Nishikawa membuat debut langsungnya di Amerika Utara di Otakon, sebuah konvensi anime besar pada tahun 2003. Ia juga tampil di Pacific Media Expo pada tahun 2004 dan di New York Comic Con pada tahun 2008.