Tai Si

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tai Si
太姒
PasanganRaja Wen dari Zhou
AnakBo Yikao
Fa, Raja Wu dari Zhou
Guan Shu Xian
Dan, Zhou Gong
Cai Shu Du
Cao Shu Zhen Duo
Cheng Shu Wu
Huo Shu Chu
Kang Shu Feng
Ran Ji Zai, Penguasa Dan
Tai Si
Hanzi: 太姒

Tai Si (Hanzi: 太姒, skt. abad ke-12 – 11 SM) merupakan istri Raja Wen dari Zhou dan dipuja sebagai seorang wanita terhormat di Tiongkok kuno. Ia adalah keturunan Yu yang Agung - pendiri Dinasti Xia - dan merupakan ibunda dari sepuluh orang putra, termasuk Raja Wu dari Zhou - pendiri Dinasti Zhou - dan adiknya Zhou Gong.

Yang terutama dihormati oleh Wu Zetian, satu-satunya permaisuri ratu yang bertakhta di Tiongkok, Tai Si dan Raja Wen secara anumerta diberi nama kuil "Shizu" (Hanzi: 始祖; harfiah: 'nenek moyan pendiri') pada tahun 690 M.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Tai Si dinyatakan lahir di wangsa Youxin (Hanzi: 有莘氏) dari nama leluhur Si, dari yang sekarang Kadipaten Heyang, Shaanxi.[1] Sejarahwan Dinasti Han Sima Qian menulis bahwa ia berasal dari Negara Qi yang lebih tua atau Negara Zeng, baik di dalam maupun di sekitar yang sekarang Henan.[2]

Kisah tradisional mengenai kenaikan posisi Tai Si sebagai ratu mengatakan bahwa Raja Wen dari Zhou, terlahir Chang, sedang berjalan di sepanjang tepi Sungai Wei suatu hari ketika ia pertama kali bertemu dengan Tai Si. Kecantikannya begitu memikat Chang sehingga awalnya ia mengiranya adalah dewi atau malaikat. Tai Si terbukti sebagai seorang wanita yang bijaksana dan sederhana, dan Chang memutuskan untuk mengambilnya sebagai istrinya. Karena Sungai Wei tidak dijembatani, Chang berangkat untuk membangunnya dengan membuat sejumlah kapal yang disusun dari ujung ke ujung untuk membentuk jalan mengambang di seberang sungai. Tai Si menjadi terkesan dan mereka kemudian menikah.[3]

Setelah Tai Si bergabung dengan keluarga suaminya, ia konon dengan cepat mendapat dukungan dengan wanita lain dari keluarga kerajaan melalui etos kerja dan sikap rajinnya. Ia dan raja memiliki sepuluh putra bersama-sama, dan Tai Si dikatakan sebagai seorang guru dan ibu yang luar biasa, sehingga seluruh putra adalah orang-orang yang memiliki kebajikan dan bijaksana.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Heyang County Government Public Information Diarsipkan 2007-09-27 di Wayback Machine. (In Chinese)
  2. ^ Records of the Grand Historian
  3. ^ De Yu Ke Ben 《得育课本》