Tabula Hungariae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tabula Hungariae, Ingolstadt, 1528

Tabula Hungariae (juga disebut Peta Lázár[1]) adalah peta cetakan Hongaria tertua yang masih selamat. Peta ini diduga dibuat oleh Lázár deák asal Hongaria sebelum 1528. Peta ini dimasukkan dalam Memory of the World Register UNESCO pada tahun 2007. [2]

Penjelasan[sunting | sunting sumber]

Perkiraan wilayah yang dicakup Tabula Hungariae.

Peta ini berukuran 65×85 cm dan berorientasi barat daya-timur laut. Peta ini menampilkan permukiman dan markah tanah di Kerajaan Hongaria pada awal abad ke-16. Wilayah selatan yang diduduki Kekaisaran Ottoman ditandai dengan bermacam warna. Karena satu-satunya wilayah tertutup di luar perbatasan berada di utara, awalnya diduga bahwa tujuan penciptaan peta ini adalah sebagai persiapan perang melawan Ottoman. Sejumlah permukiman yang ditampilkan di peta ini musnah selama tahun-tahun perang dan serbuan Ottoman.

Informasi paling berharga di peta ini adalah nama-nama permukiman sekaligus penjelasannya. Di peta ini terdapat sekitar 1.400 nama geografis, 1.270 di antaranya adalah nama permukiman (365 di teritori Hongaria pasca-Trianon).

Di bawah peta terdapat penjelasan tentang Hongaria dalam bahasa Jerman dan Latin.

Nama permukiman[sunting | sunting sumber]

Nama-nama geografis dulunya ditulis berbeda daripada nama sekarang. Misalnya, é ditulis ee, ö ditulis ew. Juga diketahui bahwa c kadang ditulis tz, yang merupakan karakteristik ortografi bahasa Jerman Hulu Lama. Nama-nama ini mungkin diciptakan oleh kontributor yang mempersiapkan pencetakan peta ini. Namun, pada beberapa nama lain, Lázár memakai ejaan dialek Hongaria.

Pencetakan[sunting | sunting sumber]

Peta ini dicetak dengan bantuan Georg Tannstetter, didanai oleh Johannes Cuspinianus, menggunakan pencetak Petrus Apianus di Ingolstadt.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Hanya beberapa peta yang dicetak, hampir semuanya hilang seiring waktu, sehingga para peneliti hanya mengetahuinya dari deskripsi-deskripsi yang ada. Tetapi, pada awal 1880-an, satu peta ditemukan. Peta tersebut dibeli oleh kolektor Sándor Apponyi pada tahun 1882. Peta itu ditransfer ke Perpustakaan Széchényi Nasional tahun 1924 dan disimpan di sana sampai sekarang.

Versi terbaru[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa salinan peta asli sampai tahun 1552, namun tidak selamat. Tetapi, ada peta-peta yang dibuat berdasarkan peta Lázár setelah 1552, dengan judul Tabula Hungariae, illetve Nova descriptio totius Hungariae. Enam versi yang diketahui adalah:

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lázár térképe
  2. ^ "Tabula Hungariae". UNESCO Memory of the World Programme. 2008-05-16. Diakses 2009-12-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]