Türkmenbaşy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Turkmenbaşy
Türkmenbaşy
Kyzyl-Su
Krasnovodsk (1869-1993)
Türkmenbaşy
Türkmenbaşy
Turkmenbaşy is located in Turkmenistan
Turkmenbaşy
Lokasi di Turkmenistan
Koordinat: 40°01′LU 52°58′BT / 40,017°LU 52,967°BT / 40.017; 52.967Koordinat: 40°01′LU 52°58′BT / 40,017°LU 52,967°BT / 40.017; 52.967
Negara Flag of Turkmenistan.svg Turkmenistan
Provinsi Provinsi Balkan
didirikan 1869
Populasi (2004)
 • Total 86,800 jiwa
Kode wilayah 993 243 XXXXX

Türkmenbaşy sebelumnya dikenal dengan nama Krasnovodsk (bahasa Rusia: Красноводск) adalah sebuah kota pelabuhan utama di Provinsi Balkan, Turkmenistan yang terletak di Teluk Krasnovodsk, Laut Kaspia. Kota ini dihuni oleh sekitar 86.800 jiwa (sensus 2004), yang didominasi oleh etnis Rusia dan Azeri.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1717, Pangeran Alexander Bekovich-Cherkassy dari Rusia membangun sebuah benteng pertahanan rahasia di kota ini, dimana beliau berusaha untuk mengeringkan bekas hilir sungai Amu Darya yang bermuara di Laut Kaspia. Beliau berniat untuk mengumpulkan barisan tentaranya dan bersiap untuk menaklukkan Kekhanan Khiva, ketika dasar sungai itu kering. Namun, usaha tersebut gagal.

Pada tahun 1869, Kekaisaran Rusia kembali mencoba menaklukan wilayah ini. Mereka membuat benteng dan menamakannya Benteng Krasnovodsk, yang berarti Air Merah yang diambil dari nama asli kota ini Kyzyl-Su. Kota ini pun dikembangkan menjadi basis penyerangan tentara Kekaisaran Rusia untuk menaklukan Kekhanan Khiva,Kekhanan Bukhara dan suku asli Turkmen.

Pada tahun 1993, Krasnovodsk diganti namanya menjadi Türkmenbaşy oleh Presiden seumur hidup Saparmurat Niyazov, setelah ia memproklamirkan dirinya dengan julukan Türkmenbaşy yang berarti "Pemimpin Semua Bangsa Turkmen".

Presiden Gurbanguly Berdymukhamedov yang merupakan penerus dari Presiden Saparmurat Niyazov berjanji akan menanamkan modal sebesar satu miliar dolar ke dalam proyek untuk mengubah Türkmenbaşy menjadi resor wisata utama - Pusat Zona Wisata Avaza akan dilengkapi dengan 60 hotel modern yang akan dibangun di sepanjang 16 km tepi Laut Kaspia[1][2].

Geografis[sunting | sunting sumber]

Türkmenbaşy terletak di tepi Teluk Krasnovodsk, sejauh 520 km ke arah barat daya dari ibukota Ashgabat. Kota ini terletak 27 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh barisan pegunungan.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Wilayah Turkmenistan bagian barat, terutama Provinsi Balkan merupakan wilayah yang mempunyai cadangan minyak bumi dan gas alam terbesar di Turkmenistan. Türkmenbaşy pun menjadi salah satu kota pengilangan minyak, selain Balkanabat.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Panorama Laut Kaspia dari Pelabuhan Türkmenbaşy

Türkmenbaşy merupakan satu-satunya kota pelabuhan utama di Turkmenistan yang menghubungkan dengan kota-kota lainnya yang berada di tepi Laut Kaspia. Kota ini juga dihubungkan dengan Jalur Kereta Api Trans-Kaspia yang menghubungkan kota ini dengan ibukota Ashgabat. Bandara Türkmenbaşy menghubungkan kota ini dengan kota-kota lainnya di Turkmenistan

Obyek Wisata[sunting | sunting sumber]

Pedagang ikan Sturgeon di Pasar Ikan Türkmenbaşy

Rujukan[sunting | sunting sumber]