Tønsberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lambang Tønsberg

Tønsberg ialah sebuah kota dan kotamadya di provinsi Vestfold, Norwegia. Kotamadya Tønsberg berpenduduk 36.452 jiwa sejak 1 Januari 2005. Penduduk seluruh kota, tanpa memandang batas kotamadya, dan menyusul garis pedoman yang diatur oleh badan statistik nasional, SSB, ialah 45.447 sejak 1 Januari 2005, membuat Tønsberg kota terpadat ke-10 di Norwegia. Kotamadya Tønsberg meliputi wilayah 106 km²dan kini juga termasuk bekas kotamadya Sem.

Menurut Snorri Sturluson, Tønsberg didirikan sebelum Pertempuran Hafrsfjord. Meski dipertentangkan oleh sejarawan modern, hal ini membuat Tønsberg sebagai kota tertua yang ada di Norden. Pada 1200-an, Raja Haakon Haakonson membangun sebuah kastil di sini, Benteng Tønsberg. Putrinya dikenal sebagai Puteri Kristina dari Tønsberg. Ia menikah dengan Pangeran Spanyol dari Kastilia, namun meninggal setelah itu. Kota ini hancur karena terbakar pada 1536, namun Tønsberg tetap menjadi salah satu kota pelabuhan terpenting di Norwegia.

Tønsberg masih menjadi pusat industri dan maritim, dengan bermacam bidang seperti toko logam, galangan kapal, pabrik kertas, penyamakan kulit, dan pabrik anggur; kota ini tercatat karena peralatan makannya. Daerah tujuan wisata termasuk reruntuhan Tønsberghus, Gereja Santo Mikael, Kastil Kerajaan, Gereja Sem, dan Museum Vestfold. Kapal Oseberg ditemukan dekat kota ini pada 1904. Kini kapal panjang itu ada di Museum Kapal Viking di Oslo.

Barangkalai ciri terpenting kota ini ialah menara yang berdiri di bukit, yang didirikan pada 1888 sebagai peringatan pada benteng kuno, yang reruntuhannya masih ada sekarang. Banyak jalan di kota ini yang dinamai menurut raja-raja lama di Norwegia.

Lingkar tol Tønsberg, dibuka pada Februari 2004 untuk membiayai bangunan dan pendorongan jalan di daerah ini, banyak menuai kontroversi. Penentang skema pendanaan ini telah mengemukakan bahwa tol itu tak semestinya dikumpulkan sebelum proyek itu diselesaikan.

Nama[sunting | sunting sumber]

Bentuk nama Norse kota ini adalah Túnsberg. Unsur pertama ialah kasus genitif tún yang berarti 'daerah berpagar', unsur terakhir berg yang berarti 'pegunungan'. Awalnya nama itu milik Slottsfjellet.

Keuskupan Tønsberg disebut Tunsberg bispedømme.

Penduduk terkenal[sunting | sunting sumber]

Jahn Teigen, penyanyi utama Popol Ace (dulu Popol Vuh), berasald dari Tønsberg. Teigen ialah orang pertama dalam sejarah yang menerima skor kosong dalam Eurovision Song Contest 1978. Lene Nystrøm, bekas personel Aqua lahir dan besar di sini. Band cadas alternatif Norwegia Seigmen juga berasal dari Tønsberg. Tønsberg terkenal karena komunitas black metalnya yang diwakili dengan Hammerslagfestival, yang diselenggarakan tiap tahun di gereja tua sekitar Natal di pusat kota.

Kota mitra[sunting | sunting sumber]

Tønsberg dan Covarrubias di Spanyol telah memasuki perjanjian mitra sebagai akibat hubungan lama melalui Putri Kristina dari Norwegia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]