SweetIM

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


SweetIM (Sweet Instant Messenger) adalah sebuah aplikasi yang dirancang untuk sistem messenger dengan gambar animasi yang menyenangkan dan menarik disertai efek suara, untuk digunakan pada saat berkomunikasi secara online atau chatting. Sweet IM bisa digunakan pada MSN Messenger dan Yahoo! Messenger.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bentuk komunikasi ada dua, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Komunikasi verbal berupa kata-kata atau bahasa yang diucapkan. Sedangkan komunikasi nonverbal berupa gerak isyarat, mimik atau ekspresi muka manusia, dan bahasa tubuh lainnya. Bentuk komunikasi nonverbal menambah nuansa atau kekayaan makna yang tidak dapat dikomunikasikan oleh unsur-unsur verbal saja. Sayangnya, unsur nonverbal pada awalnya tidak dapat kita temukan dalam komunikasi online (chat), karena hanya dapat saling berkomunikasi dengan kata-kata. Namun, kini para pengguna komunikasi secara online dapat menambahkan emoticon sebagai bentuk komunikasi nonverbal untuk menunjukkan atau mengekspresikan perasaannya. Dan kini seiring berkembangnya teknologi, bentuk-bentuk emoticon ini dikembangkan menjadi gambar animasi yang bisa bergerak dan bersuara, yaitu sweetIM. Kata sweetIM berasal dari bahasa inggris yang terdiri dari kata sweet, instant, dan messenger. Instant messenger merupakan layanan internet yang mengizinkan penggunanya untuk dapat saling berkomunikasi, saling bertukar pesan singkat dengan pengguna lainnya, pada saat yang sama, dengan jaringan yang sama. Kata sweet digunakan agar mampu membuat kesan ‘manis’ pada gambar animasinya. Sweet IM ini merupakan gaya baru dalam penyampaian pesan pada saat berkomunikasi secara online, karena gerakkan gambarnya disesuaikan dengan suara yang diucapkan oleh gambar animasi tersebut. Misalnya untuk aplikasi yang menanyakan kabar, akan muncul aplikasi orang sedang tersenyum lebar dan mengeluarkan suara ‘Hi, how are you?’. Selain itu, ada juga animasi untuk mengekspresikan perasaan, contohnya ‘I’m bored’, dengan gambar animasi yang mengekspresikan orang sedang bosan. Ada pula gambar animasi binatang yang akan muncul di windows chat. Semua animasi dikemas dengan unik dan kreatif. Beberapa kelebihan sweetIM adalah:

  • Bebas biaya
  • Sangat mudah digunakan
  • Emoticon dan gambar animasi hampir selalu ada untuk setiap moment. Misal, saat tahun baru, natal, atau valentine’s day, sweetIM menyediakan gambar animasi baru.

Perbedaan[sunting | sunting sumber]

Perbedaan sweetIM dengan emoticon biasa adalah terletak pada variasi gambar dan efek suara. Jika emoticon hanya berupa gambar diam, sweetIM berupa gambar bergerak yang dapat bersuara. Untuk saat ini emoticon hanya terbatas pada ekpsresi muka saja, sedangkan sweetIM bisa dimunculkan sesuai dengan moment-moment tertentu, seperti natal dan tahun baru. Salah satu keunikan sweetIM dapat dilihat pada salah satu kategori animasi yang bernama ‘shark attack’. Ketika di klik, maka akan muncul ikan hiu dari bawah, seperti muncul dari permukaan laut, lalu akan menggigit windows chat. Atau pada animasi ‘gun’, akan muncul suara tembakan dan windows chat akan ‘tertembak’.

Perkembangan sweetIM[sunting | sunting sumber]

10 Agustus 2005, sweetIM dirilis untuk pertama kalinya untuk MSN Messenger. Para pengguna MSN Messenger dapat mengirimkan emoticons, winks, audibles, dan sound FX. Pengguna sweetIM alpha version dapat mengirimkan feedback atau respon di website sweetIM dalam bentuk saran untuk animasi lainnya.

  • SweetIM alpha version 1.1.0.150

1 Januari 2006, sweetIM merilis versi terbarunya untuk dapat dipalikasikan pada MSN Messenger dan perangkat lunak Internet Explorer. Pada versi ini, emoticon, wink, audibles, dan sound FX yang ditawarkan lebiih bervariasi.

  • SweetIM 1.1.0.162

18 Juni 2008, sweetIM merilis versi terbarunya, dan dapat diaplikasikan pada Windows Live Messenger 8.0. Peggunanya bisa menikmati gambar-gambar terbaru dari emoticon, wink, nudge, audibles, dan sound FX.

  • SweetIM 2.0 Beta

31 Desember 2006, sweetIM merilis versi terbaru yang dapat diaplikasikan di Yahoo! Messenger. Pengguna Yahoo! Messenger dapat menikmati aplikasi 3D emoticon, audibles, wink, dan fitur-fitur sweetIM lainnya, untuk mengekspresikan perasaan mereka.

  • SweetIM 2.1

Setelah sukses besar dengan mengaplikasikan sweetIM pada MSN Messenger, Windows Live Messenger, dan Yahoo! Messenger, pada 15 Juli 2007, sweetIM meluncurkan versi terbarunya yang dapat diaplikasikan pada AOL Messenger atau AIM, yaitu Messenger paling digemari di Amerika Utara.

  • SweetIM 2.5

15 Maret 2008, sweetIM merilis versi terbarunya, sweetIM 2.5. animasi wink yang ditawarkan lebihi bervariasi dan lebih kreatif dalam mengekspresikan perasaan manusia. Versi ini akan bekerja lebih cepat jika menggunakan windows vista.

  • SweetIM 2.6

2 November 2008, versi terbaru sweetIM menawarkan animasi-animasi terbaru sesuai dengan moment-moment tertentu. Ini dibuat berdasarkan saran dan keinginan penggunanya.

Pencapaian[sunting | sunting sumber]

26 september 2008, sweetIM telah diakui sebagai perangkat lunak yang aman dan bersih bagi penggunanya, sehingga aman dari virus, spyware, dan adware. Juga telah ditunjuk sebagai aplikasi standar yang diakui oleh TRUSTe Trusted Download Program. Pada 2 November 2008, sweetIM dinyatakan sebagai ‘rising star’ pada Deloitte Fast 50 competition (diadakan di Israel). Dengan kata lain, sweetIM merupakan aplikasi yang paling digemari dalam berkomunikasi secara online.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]