Swarovski

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kristal Swarovski

Swarovski adalah merk kristal yang di produksi oleh Swarovski AG dari Austria. Swarovski AG didirikan oleh Daniel Swarovski (1862-1956). Ayahnya adalah seorang pemotong kaca yang memiliki pabrik kaca kecil. Di sinilah seorang Daniel muda mulai magang dan terampil dalam seni pemotongan kaca. Pada tahun 1892 ia mematenkan mesin pemotong listrik yang memfasilitasi produksi kaca kristal.

Pada tahun 1895, Swarovski pemodal Armand Kosman dan Franz Weis mendirikan perusahaan Swarovski, awalnya dikenal sebagai A. Kosmann, Daniel Swarovski & Co, yang kemudian disingkat menjadi KS & Co. Perusahaan ini didirikan di sebuah pabrik pemotongan kristal di Wattens, Tirol (Austria), untuk mengambil keuntungan mereka menggunakan pembangkit listrik tenaga air lokal untuk proses grinding energi-intensif yang Daniel Swarovski telah dipatenkan.

Produk dari Swarovski adalah patung atau miniatur kristal, perhiasaan, dekorasi rumah, dan lain sebagainya. Semua produknya di hiasi dengan logo Swarovski yang berupa bunga edelweiss pada awalnya. Tetapi pada tahun 1988 akhirnya logo pun diganti dengan simbol angsa. Untuk menghasilkan yang memancarkan spektrum pelangi, Swarovski melapisi beberapa produknya dengan bahan spesial. Yang paling terkenal adalah Aurora Borealis atau “AB”. Selain AB ada juga Volcano, Aurum, Dorado, dan Crystal Transmission. Pada tahun 2004 Swarovski meluncurkan Xilion dan tahun 2007 bekerja sama dengan perusahaan Philips. Swarovski dan Philips memproduksi USB Memory Keys dan in-ear headphones yang dibaluti kristal Swarovski, lalu tahun 2008 menyusul produk Bluetooth wireless edisi Disney. Tahun 2011 produk Swarovski muncul di video J-Lo untuk promo video klipnya On The Floor.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]