Surat kepada jemaat di Smyrna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Surat kepada jemaat di Smyrna ditulis oleh Santo Ignatius dari Antiokhia sekitar tahun 110 sampai zaman orang-orang Kristen awal di kota Smyrna.

Ia menyebutkan kebangkitan Yesus:

(2:1 a) "Sekarang, ia menderita semua hal ini untuk kepentingan kita, bahwa kita bisa diselamatkan. Dan Ia benar-benar menderita, bahkan saat ia benar-benar mengangkat dirinya, bukan seperti yang dikatakan orang kafir, bahwa ia menderita dalam kemiripan, mereka sendiri hanya ada di kemiripan." Tujuan utama dari surat kepada Smirna adalah untuk melawan orang-orang yang membuat klaim doketisme.

Untuk melawan ajaran doketisme, yang menyatakan bahwa Yesus tidak datang dalam daging, Ignatius menulis 7 bagian pertama yang menunjukkan inkarnasi Yesus secara nyata, sehingga mengatakan tentang Ekaristi:

(7:1) "Mereka (doketisme) berpantang Ekaristi dan doa, karena mereka tidak mengaku Ekaristi menjadi daging Juruselamat Yesus Kristus, yang menderita untuk dosa-dosa manusia, dan dibangkitkan kembali oleh Bapa karena kebaikanNya. Mereka yang menyangkal karunia Allah akan binasa dalam perselisihan mereka".

Surat tersebut juga merupakan bukti tercatat paling awal dari penggunaan istilah "Gereja Katolik."

Pranala luar[sunting | sunting sumber]