Superpower: Three Choices for America's Role in the World

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Superpower: Three Choices for America's Role in the World
PengarangIan Bremmer
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
GenrePolitik, hubungan internasional
PenerbitPortfolio (Penguin Group)
Tanggal terbit
Mei 2015
Jenis mediaSampul keras
Halaman226 hlm. (sampul keras)
ISBNISBN 978-1-59184-747-2

Superpower: Three Choices for America's Role in the World[1] adalah buku nonfiksi tahun 2015 yang ditulis oleh presiden Eurasia Group, Ian Bremmer. Buku ini menganalisis kebijakan luar negeri Amerika Serikat sejak Perang Dingin berakhir dan peluang masa depannya.

Dalam Superpower, Bremmer berpendapat bahwa masyarakat Amerika Serikat sering kali mendasarkan pilihan kebijakan luar negerinya terhadap kesetiaan atau oposisi terhadap partai penguasa. Ia memberi tiga opsi bagi pembaca untuk mendefinisikan peran negara Amerika Serikat dan cara Amerika Serikat memanfaatkan statusnya selaku negara adidaya demi memperkuat komitmennya untuk menciptakan kebijakan luar negeri yang solid:[2]

  • Independent America: Menurut opsi ini, sudah saatnya Amerika Serikat membebaskan diri dari beban internasional. AS harus menjadi contoh bagi dunia dengan memperbaiki internal negaranya dan memanfaatkan potensinya sendiri.
  • Moneyball America: Opsi ini mengakui bahwa Amerika Serikat tidak bisa menyelesaikan setiap permasalahan internasional. AS harus berfokus pada kesempatan dan mempertahankan kepentingannya apabila terancam. AS harus membantu sekutu-sekutunya sehingga AS sendiri bisa lebih aman dan sejahtera tanpa perlu memaksakan nilai-nilainya.
  • Indispensable America: Menurut opis ini, hanya Amerika Serikat yang bisa mempertahankan nilai-nilai yang menjadi acuan kestabilan global. Dalam dunia yang saling tergantung dan terhubung ini, fokus ke dalam negeri akan menghambat keamanan dan kesejahteraan AS. Opsi ini memakan biaya tertinggi bila dibandingkan dengan dua opsi sebelumnya. Namun demikian, kegagalan melindungi nilai-nilai AS dan kebebasan dasar di seluruh dunia akan menambah risiko bagi AS.

Menurut Bremmer, "negara adidaya" adalah negara yang memanfaatkan kekuasaan militer, politik, dan ekonominya untuk membujuk negara-negara di setiap kawasan dunia untuk mengambil keputusan penting.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Bremmer, Ian. 2015. Superpower: Three Choices for America's Role in the World Diarsipkan 2018-04-29 di Wayback Machine.. New York: Portfolio/Penguin.
  2. ^ Bremmer, Ian. [1]. Time video. 2015.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]