Sungai Kapuas (Kalimantan Tengah)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Muara sungai Kapuas Murung dan sekitarnya

Sungai Kapuas (bagian hilirnya disebut Sungai Kapuas Murung[1]) adalah sungai yang terletak di Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Sungai ini memanjang dari Desa Tumbang Bukoi, Kecamatan Mandau Talawang sampai Desa Batanjung, Kecamatan Kapuas Kuala. Sungai ini bertemu dengan Sungai Kapuas Murung di Kuala Kapuas[2].

Bagian hulu dari sungai ini merupakan daerah yang cukup tinggi daratannya, namun sungainya tidak terlalu lebar. Sehingga bila hujan pada daerah hulu cukup banyak, maka ketinggian air akan naik, bahkan bisa menggenangi jalan-jalan di desa. Makin ke hilir, daratannya makin rendah, bahkan ketinggian daratan ada yang hanya mencapai 0-5 meter diatas permukaan laut[3]. Meskipun demikian lebar sungai makin besar, sehingga kenaikan ketinggian air tidak terlalu besar.

Sungai ini sejak dulu sudah dijadikan sebagai tempat penambangan emas[4][5][6][7]. Penambangan emas di sungai ini masih berlangsung sampai sekarang[8], sehingga menyebabkan sungai ini menjadi tercemar dengan air raksa[9][10] dan menjadi keruh.

Rujukan[sunting | sunting sumber]