Sungai Cacaban

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sungai Cacaban
Lokasi
NegaraIndonesia
Ciri-ciri fisik
Hulu sungaiPerbukitan Sipencrit
Muara sungaiLaut Jawa
Panjang±27,03 Km
Luas DASDAS: ±145,99 km2

Sungai Cacaban[1] adalah sebuah sungai yang mengalir di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Indonesia. Sungai Cacaban memiliki panjang sungai utama 27,03 Km mengalir dari selatan ke utara. Hulu sungai ini berada di Perbukitan Sipencrit (±600 mdpl) di Desa Padasari, Kecamatan Jatinegara dan bermuara di Laut Jawa dekat perbatasan Kecamatan Suradadi dengan Kecamatan Kramat. Bagian hulu Sungai Cacaban dibendung untuk pembangunan Waduk Cacaban.

Daerah Aliran Sungai[sunting | sunting sumber]

Daerah Aliran Sungai (DAS) Cacaban berbentuk memanjang dengan luas ±145,99 km2. Panjang total sungai di DAS ini 435,11 Km dengan kerapatan aliran 3,92 Km/ km2. DAS Cacaban seluruhnya mencangkup wilayah Kabupaten Tegal meliputi 8 kecamatan. Sungai Cacaban melintasi Kecamatan Jatinegara, Kecamatan Kedungbanteng, Kecamatan Pangkah, Kecamatan Tarub, Kecamatan Suradadi dan Kecamatan Kramat. Sejumlah anak sungainya antara lain:

  1. Sungai Menjawah
  2. Sungai Cacaban Wetan
  3. Sungai Wanarata
  4. Sungai Cacaban Kulon
  5. Sungai Kronjo
  6. Sungai Grogol
  7. Sungai Wuri
  8. Sungai Kawung

Pemanfaatan[sunting | sunting sumber]

Penduduk di sepanjang Sungai Cacaban memanfaatkan untuk sumberdaya pertanian dan perikanan baik secara tradisional dengan cara memancing atau menjala terutama dibangian hilir. Bagian hulu sungai ini dibendung untuk pembangunan Waduk Cacaban. Waduk seluas 928, 70 hektar ini selain berfungsi mengairi sawah-sawah kurang lebih seluas 17.500 Hektar di sekitarnya, tetapi juga difungsikan sebagai objek wisata.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pengejaan mengikuti pedoman penamaan nama geografi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]