Stuart Merrill

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Stuart Fitzrandolph Merrill (1 Agustus 1863 di desa Hempstead, New York[1] – 1 Desember 1915 di Versailles, Prancis) adalah seorang penyair Amerika, yang kebanyakan menulis dalam bahasa Prancis. Dia berasal dari sekolah simbolis. Buku puisi utamanya adalah Les Gammes (1887), Les Fastes (1891), dan Petits Poèmes d'Automne (1895).

Biografi[sunting | sunting sumber]

Potret Stuart Merrill muda
Potret Stuart Merrill muda
Stuart Merrill, di usia senja
Stuart Merrill, di usia senja

Merrill berasal dari keluarga Protestan yang konservatif dan kaya raya. Pada 1866, ayahandanya George menerima pelantikan diplomatik ke Paris, di mana Merrill akan belajar bahasa Prancis dan tinggal selama 19 tahun ke depan. Stéphane Mallarmé adalah salah satu insturktur sekolah Merrill. Teman-teman sekelasnya termasuk simbolis masa depan René Ghil dan Pierre Quillard. Merrill menjalankan surat kabar mingguan, Le fou, sebelum kembali ke Amerika Serikat pada 1884 untuk menghadiri sekolah hukum.[1] Pada 15 April 1887, Merrill pergi ke Madison Square Theater di New York untuk mendengar Walter Whitman memberikan kuliahnya yang terkenal "Kematian Abraham Lincoln". Setelah itu, Merrill berkesempatan untuk bertemu dengan Whitman, sebuah pengalaman yang kemudian dicatatnya di majalah "Le Masque."[2]

Juga pada 1887, Merrill menerbitkan buku puisi pertamanya, Les gammes, di Paris, dan menuai banyak pujian di Eropa. Ketika karier sastranya lepas landas, ia ikut serta dalam tujuan politik radikal, berpihak pada kaum anarkis dalam kerusuhan Haymarket yang terkenal. Ketika George Bernard Shaw mencoba mengedarkan petisi di London yang menyerukan pembebasan Oscar Wilde, dipenjara karena homoseksualitas, Merrill melakukan upaya serupa untuk membuat seniman dan intelektual terkenal menandatangani petisi serupa di Amerika Serikat. Meskipun ayahanda Merrill mencabut hak warisnya karena politiknya, ibundanya akan terus mendukungnya secara finansial sepanjang hidupnya.[1]

Pada 1890, Merrill menerbitkan Pastels in Prose, kumpulan terjemahan puisi prosa Prancisnya. Ini adalah satu-satunya buku yang pernah diterbitkan di Amerika. Pada tahun yang sama, dia kembali ke Eropa untuk seterusnya dan dia menikah pada 1891. Selama tahun-tahun 18931908, alamatnya adalah 53 Quai de Bourbon, Île Saint-Louis, Paris. Beberapa buku lagi, termasuk Les fastes pada 1891 dan Petits poèmes d’automne pada 1895,[1] diterbitkan sebelum kematiannya karena penyakit jantung pada 1915. Pada 1927 sebuah jalan kecil di Arondisemen XVIIe dinamai Place Stuart-Merrill.

Karya[sunting | sunting sumber]

  • Les gammes (The Ranges), Vanier, Paris, 1887
  • Pastels en Prose, Harper & Brothers, New York, 1890
  • Les Fastes (The Record), 1891
  • Petits Poèmes d'Automne (Little Autumnal Poems), 1895
  • Les quatre saisons (The Four Seasons), Mercure de France, Paris, 1900
  • Walt Whitman, Henry S. Saunders, 1922
  • Prose et vers : œuvres posthumes (Prose and Verse: Posthumous Works), A. Messein, Paris, 1925
  • The White Tomb: Selected Writing, Talisman House, 1999

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Qureshi, Ramez. "Ramez Qureshi on Stuart Merrill's The White Tomb: Selected Writing". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-03. Diakses tanggal 2007-09-12. 
  2. ^ Stuart Merrill, Walt Whitman (Toronto: Henry S. Saunders, 1922)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]