Strata title

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Strata title adalah bentuk kepemilikan yang dirancang untuk apartemen blok multilevel dan subdivisi horisontal dengan membagi areak-are. Istilah bagian dari 'strata' mengacu kepada apartemen yang berada di tingkat berbeda, atau "tingkatan".

Strata title kali pertama diperkenalkan pada tahun 1961 di negara bagian New South Wales, Australia, untuk mengatasi kepemilikan legal atas blok apartemen.Sebelumnya, metode yang cukup layak untuk membagi kepemilikan dijalankan dengan company title, yang memiliki sejumlah cacat, antara lain adanya kesulitan melembagakan hipotek. Aturan ini juga diterapkan kepada unit-unite tipe rumah strata tittle di Australia.

Negara yang mengadopsi sistem strata tittle[sunting | sunting sumber]

Negara-negara lain yang mengadopsi sistem kepemilikan apartemen di Australia antara lain:

Negara-negara lain memiliki basis legislasi pada kesamaan prinsip, tapi dengan perbedaan definisi menggunakan mekanisme berbeda dalam administrasinya. Skema strata title dikomposisikan lots individu dan perumahan umum. Lots

Schemes are composed of individual lots and common property. Lots juga meerupakan salah satu apartemen, garasi, atau ruang penyimpanan, dan setiap bagian yang ditunjukkan dalam tittle sebagai pemilik lots. Perumahan umum diartikan sebagai segala sesuatu yang lain di atas sebidang tanah, yang tidak mencakup sebuah lots seperti tngga, jalur mengemudi, atap, taman, dan sebagainya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]