Story:Delman dan Segala Jenisnya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Delman
Di Indonesia, delman adalah kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua, tiga atau empat yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kuda sebagai penggantinya.
Annisa Alwita from Malang, Indonesia
Nama kendaraan ini berasal dari nama penemunya, yaitu Charles Theodore Deeleman, seorang litografer dan insinyur pada masa Hindia Belanda.
Pearson Scott Foresman
Penamaan kendaraan yang sama adalah Sado yang berasal dari Bahasa Prancis dos-à-dos yang berarti saling memunggungi.
Midori
Bahasa Sunda mengenal istilah kahar dan keretek. Meskipun merujuk pada kendaraan yang sejenis, tempat pijakan penumpang untuk naik pada keretek lebih lebar dibandingkan delman. Pijakan pada delman hanya berukuran cukup untuk satu kaki saja. Selain itu, delman lebih tinggi dari keretek.
Budhi Darma
Nayor adalah variasi bentuk delman, dengan kabin yang lebih tertutup; yang bukan tidak mirip dengan kabin oplet. Nayor hanya dijumpai beroperasi di sekitar kota Cibadak, Sukabumi.
Abdul Hakim
Istilah lain yang dikenal masyarakat adalah Dokar. Sebagian kalangan menyakini nama dokar berasal dari Bahasa Inggris dog car.
Galeri ega
Andong merupakan salah satu alat transportasi tradisional di Yogyakarta dan sekitarnya, seperti Solo dan Klaten. Perbedaan andong dengan delman adalah andong memiliki empat roda.
Post of Indonesia