Steve Reeves

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Steve Reeves

Steve Reeves Mr. Universe
Lahir 21 Januari 1926[1]
Glasgow, Montana, USA
Meninggal 1 Mei 2000 (umur 74)
Escondido, California, USA[1]
Pekerjaan Atlet, Aktor, Binaraga
Pasangan Sandra Smith
(m. 1955–1956, Cerai)
Aline Czartjarwicz[1] (m. 1963–1989, Meninggal)

Stephen L. Reeves (lahir 21 Januari 1926 – meninggal 1 Mei 2000 pada umur 74 tahun[1]) Adalah seorang atlet Binaraga dan Pemeran (Aktor)Amerika. Yang pada puncak kariernya, dia pernah menjadi pemeran dengan bayaran termahal di Eropa.[2]

Masa Kecil[sunting | sunting sumber]

Lahir di Glasgow, Montana,[2] pada usia 10, Steve Reeves bersama ibunya Goldie Revees pindah ke California, setelah ayahnya Lester Dell Reeves meninggal dalam sebuah kecelakaan di ladang pertanian .[1] Reeves Sejak di SMA, Revees tertarik mengembangkan bodybuilding dan berlatih pada Ed Yarick's gym di Oakland. Saat usia nya menginjak 17,Badan nya sudah terbentuk seperti Herculean, jauh sebelum orang - orang menyukai dan tertarik dengan bodybuilding. Setelah lulus dari SMA, dia terdaftar pada Angkatan Darat Amerika selama Perang Dunia II berlangsung, dan dia ditugaskan di Pacific.

Akting[sunting | sunting sumber]

Setelah tugas mliternya berakhir, Reeves terjun dan berkarier dalam dunia Film, . tahun 1954 Ia memperoleh Peran kecil yang merupakan debut pertama nya dalam seuah film besar "The Musical" Athena[1] berperan sebagai kekasihnya Jane Powell. Di tahun yang sama, Revees mendapat peran sebagai Polisi dalam Ed Wood film yang berjudul Jail Bait.

Pada tahun 1957, Reeves pergi ke Italy dan bermain sebagai Pemeran Utama dalam film karya Pietro Francisci Hercules, yang berdasarkan kisah Jason dan Argonauts, melalui perannya sebagai Hercules .[1] membuat film ini meraih sukses dan menjadi Box Office, terlaris dengan pendapatan 5 juta US Dollar selama tahun 1959 di Amerika.[3] karena keberhasilan ini, pada tahun 1959 dibuat sequel nya Hercules Unchained. Steve-reeves2.jpg

Dari 1959 sampai 1964, Reeves terus muncul dalam serangkaian Sword and sandal film,[1] dan meskipun dia terkenal karena perannya sebagai Hercules, ia berperan hanya dua kali: dalam film 1957 (dirilis di Amerika Serikat pada 1959) dan 1959 sekuel Hercules Unchained (dirilis di Amerika Serikat pada tahun 1960). namun selain itu, Ia bermain dalam banyak peran, diantanra , termasuk Sir Edward Bulwer-Lytton 's Glaucus dari Pompeii, Goliath, Bane of the Barbarians (sebenarnya dalam versi Italia disebut "Emiliano" ); Tatar pahlawan Hadji Murad, Romulus, pendiri Roma yang legendaris, (Gordon Scott yang bertentangan dengan saudara kembarnya Remus); Pheidippides, utusan perang yang terkenal dari Pertempuran Marathon, Kapten Henry Morgan bajak laut yang memproklamirkan diri sebagai gubernur Jamaica, dan Karim, sang Pencuri dari Baghdad. Dua kali ia bermain sebagai Aeneas dari Troy dan dua kali ia bermain bersama Emilio Salgari sebagai pahlawan Malaysia , sandokan.

Setelah Hercules meraih Box office, Reeves justru menolak beberapa peran hingga akhirnya bergabung dengan Clint Eastwood dalam A Fistful of Dollars (1964) dengan alasan karena dia tidak dapat percaya kalau "Italia bisa membuat Barat" [2] Ia juga mengaku telah menolak peran James Bond dalam film Dr.No (1962) [2]. Reeves menyebutkan dalam sebuah wawancara bahwa ia ditawari hanya $ 100.000 untuk bermain sebagai Agen rahasia 007 , sedangkan ia berpenghasilan $ 250.000 per film di Italia, dan dengan demikian bersanding dengan Sophia Loren sebagai aktor bayaran tertinggi di Eropa pada saat itu, sehingga ia menolak peran James Bond.

Selama pembuatan film The Last Days of Pompeii, Reeves mengalami cidera pada bahu nya, hingga terlepas dari sendinya, saat kereta menabrak pohon. Kemudian saat dalam sebuah adegan berenang melarikan diri dibawah air, ia kembali cedera bahunya. Cedera itu yang menyebabkan beberapa perannya di gantikan oleh Stunt Man , higga akhirnya pensiun dari pembuatan film dan angkat besi [1].Steve Sreeves3-1-.jpg

Tahun 1968 Reeves muncul dalam film terakhirnya, sebuah film spaghetti western yang meniru epos Sergio Leone, yang juga sebagai co-Writer, berjudul I Live For Your Death !! ( kemudian dirilis sebagai A Long Ride From Hell).[1] tampilan terakhirnya adalah pada tahun 2000 ketika ia tampil sebagai dirinya sendiri di televisi untuk pembuatan A & E Biografi: Arnold Schwarzenegger - Flex Appeal.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Dalam 2 dekade terakhir , Reeves memromosikan bebas Narkoba, dan bodybuilding .[1][2] dan dalam sisa usianya, dia menghabiskan waktu di Valley Center, California, dekat Escondido. Dia hidup bersama Istri keduanya hingga istrinya meninggal dunia pada tahun 1989.[1][2] Tanggal 1 Mei tahun 2000, Reeves meninggal dunia akibat penyakit komplikasilymphoma yang di deritanya.[1][2] pada usia 74 tahun.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Daftar Film yang di rilis dengan Judul Amerika, terjemahan dari judul asli Italia yang berada dalam tanda kurung setelah tanggal

Steve Reeves

Referensi Film Lainnya[sunting | sunting sumber]

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j k l m Lyman, Rick (2000-05-05). "Steve Reeves, 74, Whose 'Hercules' Began a Genre". The New York Times. Diakses 2009-07-15. 
  2. ^ a b c d e f g Lane, John Francis (2000-06-05). "Steve Reeves: Putting muscle and myth in the movies". Guardian News and Media Limited. Diakses 2009-07-15. 
  3. ^ IMDB: Business
  • Chapman, David. "On The Cover: Steve Reeves", Hardgainer, November 1992.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]